Kesehatan

Kandungan Utama Jambu Biji Penting untuk Tubuh, Apa Saja?

Rabu, 28 Maret 2018 - 05:26 | 17.36k
Manfaat Jambu Biji untuk tubuh (FOTO: TIMES Indonesia)
Manfaat Jambu Biji untuk tubuh (FOTO: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah jambu biji kerap dikaitkan dengan penyembuhan demam berdarah. Hal ini karena jambu biji memiliki kandungan cairan yang tinggi, yaitu lebih dari 80 persen. Dengan cairan yang tinggi tersebut jambu biji mampu mendukung penyembuhan demam berdarah.

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, jambu biji memiliki kandungan gizi lain yang tak kalah penting untuk tubuh.  Dilansir dari Dokter Sehat, berikut kandungam utama jambu biji menurut United States Departement of Agriculture.

1. Vitamin C
Dalam 100 gram, atau satu buah sedang buah jambu biji terdapat 4 kali lebih tinggi dari vitamin C, yaitu 220 mg. Vitamin C bermanfaat bagi tubuh sebagai imunitas dan kesehatan kulit yang baik.

2. Vitamin A
Vitamin A dalam 1 buah sedang jambu biji adalah 600 IU angka ini lebih tinggi dari buah lain yang umum kita konsumsi misalnya pisang, jeruk atau pisang. Seperti yang umum kita ketahui bahwa vitamin A penting untuk mendukung fungsi kesehatan mata.

3. Serat
Jambu biji bisa jadi salah satu pilihan buah yang tepat. 5 gram serat akan kita peroleh dari 1 buah sedang jambu biji, angka ini memenuhi 20 persen kebutuhan serat harian orang dewasa Indonesia, yaitu 25-30 gram sehari, yang umumnya sulit dipenuhi jika pemilihan buah dan sayur tidak tepat. Serat pada buah jambu biji cukup tinggi jika dibandingkan dengan apel, jeruk, dan pisang yang dalam berat yang kandungan seratnya tidak sampai 3 gram.

Tak hanya bauk untuk penderita demam berdarah, jambu biji juga baik dikonsumsi sehari-hari. Kandungan vitamin dan zat penting lain pada jambu biji dapat memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuh. Jadi, jangan ragu untuk makan jambu biji, ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES