Gaya Hidup

Mabuk saat Naik Pesawat? Ini Kiat Mengatasinya

Selasa, 27 Maret 2018 - 01:26 | 33.84k
ILUSTRASI - Mabuk Udara (FOTO: Phinemo)
ILUSTRASI - Mabuk Udara (FOTO: Phinemo)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMabuk udara saat naik pesawat seringkali terjadi jika sedang dalam penerbangan yang panjang. Apalagi bagi yang baru pertama kali naik pesawat. Mabuk udara biasanya terjadi karena tubuh kamu yang sedang tidak fit saat melakukan perjalanan. Mabuk udara membuat Anda merasa pusing dan mual.

Jika Anda adalah orang yang sangat rentan mengalami mabuk udara, berikut ini beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mencegah mabuk udara.

1. Pilih Tempat Duduk yang Tepat
Berdasarkan makalah yang diterbitkan oleh Prosiding National Academy of Sciences, memilih tempat duduk yang tepat mungkin menjadi cara paling sederhana untuk tetap sehat saat Anda bepergian menggunakan pesawat.

Orang-orang yang duduk di sepanjang lorong memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami mabuk udara. Untuk mencegah mabuk udara, duduklah di bagian tengah pesawat dekat sayap. Hindari duduk di bagian belakang pesawat.

2. Bawa Peppermint
Saat melakukan perjalanan yang panjang dengan pesawat, sebaiknya Anda membawa permen dengan rasa peppermint atau minyak beraroma peppermint. Anda bisa makan permen tersebut untuk menghilangkan rasa mual dan pusing.

Selai itu, Anda juga bisa menghirup minyak beraroma peppermint atau mengoleskannya di perut dan pangkal leher.

3. Menjaga Asupan Makanan
Anda harus memperhatikan konsumsi makanan dan minuman sebelum maupun sesudah naik pesawat. Hindari makan berlebihan, termasuk makanan pedas, berlemak atau bersantan, karena dapat memperburuk mabuk udara yang terjadi akibat turbulensi.

Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi minuman bersoda atau beralkohol.

4. Kurangi Aktivitas Pemicu Mabuk Ydara
Sebagian dari Anda mungkin pernah membaca, melihat perangkat elektronik, atau menonton televisi guna mengusir kebosanan di dalam pesawat. Namun nyatanya, bila kondisi tubuh sedang tidak fit, sederet kegiatan tersebut justru bisa menimbulkan efek mabuk udara pada diri Anda.

Bila gejala mabuk udara mulai muncul secara perlahan usai melakukan tindakan di atas, segera tenangkan diri Anda.

5. Tenang
Kondisi pikiran yang tegang merupakan salah satu pemicu terjadinya mabuk udara. Maka dari itu, usahakan untuk tetap rileks selama di perjalanan dan alihkan pikiran ke hal-hal yang menyenangkan.

Contohnya, Anda bisa menonton film yang disediakan maskapai atau juga bisa mengobrol dengan teman seperjalanan agar tidak tegang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES