Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Bupati Amin Paparkan Keberhasilan SAKIP Bondowoso kepada Tim Independen

Senin, 26 Maret 2018 - 21:13 | 20.25k
Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, saat memaparkan keberhasilan SAKIP di Bondowoso pada Tim Independen. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, saat memaparkan keberhasilan SAKIP di Bondowoso pada Tim Independen. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, memaparkan keberhasilan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kepada Tim Independen Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). 

Sebagai informasi, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur baru saja memperoleh nilai BB dalam penilaian SAKIP 2017. Nilai ini menjadikan Bondowoso sebagai Kabupaten yang melakukan lompatan cukup jauh dari sebelumnya hanya memperoleh nilai CC.

Sakip.jpg

"Banyak sekali perubahan usai Bondowoso menerapakan SAKIP. Dari awalnya antara tujuan dan hasil akhir sebuah kegiatan itu amburadul, saat ini menjadi semakin terukur dan terarah," kata Amin pada Tim Independen, Senin (26/3/2018) malam. 

Amin juga memaparkan bahwa penilaian kinerja kepada setiap OPD bisa dipantau. Dengan SAKIP kata dia, Bondowoso berhasil menghemat anggaran mencapai Rp 160 miliar.

"Tahun 2018, Bondowoso mengkerucutkan sekian kegiatan dan berhasil melakukan penghematan sebesar Rp 166 miliar," katanya. 

Tim Independen Kemenpan RB ini terdiri dari Prof Eko Prasodjo (Ketua), Prof JB Kristiadi (Anggota), Prof Tjipta Lesmana (Anggota), Dr Rudiarto Sumarwono (Senior Analyst Policy), Adhi Prawoto (Kepala Biro Reformasi Birokrasi Polri) dan Bambang Sunar Wibowo (Asisten Perencanaan dan Penganggaran Kapolri).

Pemaparan-SAKIP.jpg

Amin juga menceritakan pengembangan produk unggulan Bondowoso salah satunya lewat branding city Bondowoso Republik Kopi. Usai pemaparan, Amin mengajak Tim Independen mencicipi kopi arabika andalan Bondowoso yakni Java Ijen-Raung. 

Dalam kesempatan itu, hadir Plt Sekda Bondowoso Karna Suswandi, seluruh Kepala OPD, dan Camat di Bondowoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES