Politik

Pemilih dan Loyalis Jokowi Jadi Pendukung Khofifah-Emil

Senin, 26 Maret 2018 - 08:04 | 21.25k
Hasil survey lembaga survey Poltracking pada 6-11 Maret 2018. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)
Hasil survey lembaga survey Poltracking pada 6-11 Maret 2018. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Para pemilih dan loyalis Presiden Joko Widodo, juga diketahui banyak menjadi pendukung Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub), Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak.

Hasil survei lembaga survei Poltracking membuktikan mayoritas pemilih dan loyalis Jokowi, sebesar 48,8 persen memberikan dukungan untuk Khofifah-Emil.

Sedangkan yang mengarah ke duet Ipul Puti hanya 38 persen saja. Survei tersebut dilakukan pada 6-11 Maret 2018.

Menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 orang. Margin of error 2.83 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.

“Survei kita lakukan di 29 kabupaten dan 9 kota di Jawa Timur pada 6-11 Maret 2018,” ungkap peneliti Associate Poltracking, Arya Budi, Senin (26/3/2018).

Arya menilai banyaknya dukungan karena faktor kedekatan Khofifah dan Jokowi.

Selain itu, kiprah Khofifah yang selalu bersama Jokowi sejak Pilpres dan lamanya Kofifah sebagai Menteri Sosial menjadi faktor penarik suara.

“Itu yang banyak menjelaskan bahwa orang-orang yang mengidentikan Khofifah ini bagian representasi dari visi-misi dan ide Jokowi," katanya.

Misalnya kata Arya, metrokratik sistem, program kerja yang kerakyatan bahkan ceruk pemilih yang cenderung Nahdliyin tapi nasionalis abangan juga membayangkan Khofifah sebagai orang yang tidak jauh dari Jokowi dibanding Gus Ipul yang hanya memimpin suatu daerah.

Hasil survei tersebut juga diamini bergabungnya loyalis pendukung Joko Widodo, Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) ke barisan pendukung pasangan Khofifah-Emil.

Deklarasi dukungan tersebut secara resmi disampaikan DPD Bara JP Jawa Timur di Kota Batu, Malang, pada, Minggu 4 Maret 2018 lalu.

“Secara DPD Jawa Timur kami menyatakan secara tersirat, kami mendukung Ibu Khofifah. Kami sudah menyatakan sikap untuk mendukung Bu Khofifah. Bentuk dukungannya akan banyak yang kita lakukan. Kami akan roadshow dan konsolidasi ke daerah-daerah untuk menggalang dukungan untuk Bu Khofifah,” kata Ketua Bara JP Jawa Timur, Giyanto Wijaya.

Selain itu, di sela-sela blusukan, tampak personel Bara JP setia menemani Khofifah ke berbagai tempat di Jawa Timur.

Kemesraan Bara JP dan Khofifah pun semakin lekat ketika menggelar makan malam bersama dan temu kangen silaturahmi di Hotel Majapahit, Surbaya Jumat, 23 Maret 2018.

Sekretaris Jenderal Bara JP Pusat, Utje Gustaaf Patty menegaskan, loyalis Jokowi setia bergerak bersama Khofifah.

Utje menuturkan Khofifah dan Bara JP tidak bisa dipisahkan karena memiliki visi-misi dan nilai yang sama.

"Kami setia pada pak Jokowi dan setia pada nilai-nilai pak Jokowi yang ada pada bu Khofifah. Beliau adalah bagian dari keluarga besar Bara JP," kata Utje.

Memilih Khofifah, dinilai Utje adalah pilihan logis dan ideal untuk masyarakat Jawa Timur.

Khofifah dianggap sudah membuktikan kontribusinya untuk negara sehingga layak untuk memimpin Jawa Timur.

"Bagi kami, ada orang kami mau maju, beliau ini orang baik. Sudah terbukti bekerja dan menjadi orang yang bekerja total untuk pak Jokowi. Itu menjadi pilihan logis," ucapnya.

"Ini adalah pilihan ideologis. Itu tidak harus  berdasarkan keturunan tapi nilai-nilai apa yang mereka lakukan. Yang bu Khoffiah lakukan betul-betul menjadi supporting pak Jokowi," lanjutnya.

Utje juga menilai tidak layak jika ada kandidat yang mengklaim adanya dukungan presiden. Sebab, hal tersebut dinilai mencederai posisi Presiden sebagai kepala negara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES