Politik

Hasil Survei, Warga NU Lebih Memilih Khofifah-Emil

Senin, 26 Maret 2018 - 07:47 | 36.57k
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, Khofifah Indar Parawansah, Emil Dardak. (Grafis TIMES Indonesia)
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, Khofifah Indar Parawansah, Emil Dardak. (Grafis TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Semua orang tahu, Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur, menghadirkan dua orang kader terbaik Nahdlatul Ulama (NU).

Keduanya adalah Khofifah dan Saifullah Yusuf. Meski demikian, ternyata mayoritas keluarga besar Nahdliyin lebih mendukung Khofifah bersama pasangannya, Emil Elistianto Dardak, untuk memenangkan kontestasi Pilgub Jatim.

Hal tersebut dibuktikan dengan hasil survei terbaru Pilgub Jatim yang dilakukan Lembaga Survei Poltracking, pada 6-11 Maret 2018.

Survei membuktikan mayoritas warga NU memilih pasangan Khofifah-Emil dengan persentase sebesar 45,3 persen.

survey.jpgHasil survey yang dilakukan lembaga survey Poltracking Indonesia, pada 6-11 Maret 2018. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)

Sementara, Saifullah Yusuf yang duet dengan Puti Guntur Soekarno, hanya 37,7 persen.

Survei yang dilakukan Poltracking Indonesia menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 orang.

Adapun margin of error 2.83 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei dilakukan di 29 kabupaten dan 9 kota di Jawa Timur pada 6-11 Maret 2018.

Peneliti Associate Poltracking, Arya Budi menjelaskan, hasil ini dinilai sangat masuk akal karena sosok Khofifah sudah begitu mengakar di benak warga sebagai tokoh wanita NU.

Selain itu, Khofifah adalah satu-satunya figur wanita NU yang memiliki massa besar sehingga memiliki dukungan dari banyak kalangan.

“Khofifah identik sebagai orang struktural di organisasi Nahdliyyin. Khofifah ini mempunyai keistimewaan mempunyai basis kultural yang sangat kuat sebagai warga Nahdliyyin. Dia memegang sangat kuat terutama perempuan-perempuan Nahdliyyin dan Nahdliyyin satu-satunya basis terkuat di Jawa Timur sehingga itu yang membuat Khofifah sangat kuat di situ,” ucap Arya, Senin (26/3/2018).

Kemudian, lanjutnya, Khofifah memiliki dukungan kuat dari dari tokoh-tokok besar, khususnya kiai-kiai kultural Nahdlatul Ulama.

Sebut saja KH Salahuddin Wahid (Gus Solah) yang menjadi Tim 9 Khofifah-Emil, hingga salah satu Tokoh PKB KH Robbach Ma'sum yang setia mengawal Khofifah di Pilgub Jatim 2018. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES