Kesehatan

5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

Senin, 26 Maret 2018 - 05:16 | 28.69k
Menangis. (FOTO: statisticbrain.com)
Menangis. (FOTO: statisticbrain.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menangis bukan hanya cara untuk melepaskan kesal dan emosi. Mengeluarkan air mata saat menangis ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah manfaat menangis bagi kesehatan fisik maupun mental.

1. Sebagai Detox Alam
Air mata yang dikeluarkan saat menangis juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Satu penelitian menjelaskan jika, saat stres dan kita menangis maka racun di dalam tubuh akan dikeluarkan lebih banyak.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Secara alami, air mata akan menghilangkan dan mengatasi iritasi dan mata kering. Air mata mengandung antimikroba yang baik untuk mengatasi iritasi serta menghilangkan debu dan kotoran pada mata.

3. Meredakan Stres dan Meningkatkan Mood
Air mata membantu mengeluarkan hormon endorphin yang dapat meningkatkan mood sehingga dapat mengurangi stres. Suasana hati pun akan lebih bahagia dan baik saat kamu selesai menangis. Sehingga saat down, mood kamu akan meningkat.

Air mata juga dapat membantu mengusir rasa sedih. Saat kehilangan, kecewa dan melewati masa sulit akan kembali nyaman setelah kamu selesai menangis. Air mata akan membuat menjadi lebih kuat.

4. Menyeimbangkan Pikiran
Saat menangis, tubuh juga memproduksi zat endorfin. Zat ini disebut juga dengan zat bahagia. Zat endorfin yang dihasilkan dari menangis ini dapat menstabilkan pikiran dan menyeimbangkan emosi.

5. Menyeimbangkan Tekanan Darah
Adanya berbagai masalah yang tidak diluapkan dari dalam diri, dapat menyebabkan penumpukan beban di dalam tubuh yang lama kelamaan dapat berpengaruh pada tekanan darah seseorang. Untuk menghindari tekanan darah agar tidak meningkat drastis, seseorang dapat menangis untuk menyeimbangkan tekanan darah.

Jika pikiran terlalu penat dan seseorang menahan diri untuk tidak menangis, hal tersebut malah akan membuat tumpukan pikiran dan dapat menjadikan tekanan darah menjadi tinggi atau hipertensi.

Itulah manfaat menangis yang perlu Anda ketahui. Masih ragu untuk menangis? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES