Kesehatan

Hati-Hati, Makanan Ini Memicu Infeksi Lambung

Senin, 26 Maret 2018 - 01:34 | 24.39k
Sakit lambung. (FOTO: Merdeka)
Sakit lambung. (FOTO: Merdeka)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Infeksi lambung atau gastritis adalah suatu kondisi saat lambung mengalami iritasi dan peradangan. Infeksi lambung bisa bersifat akut (terjadi secara tiba-tiba) atau kronis (berjangkit terus dalam waktu yang lama). Untuk mencegah infeksi lambung, menjaga makanan adalah salah satu caranya. Menghindari makanan dan minuman tertentu dapat membantu Anda mengontrol kondisi ini.

Beberapa jenis makanan dan minuman dapat memicu terjadinya infeksi lambung. Apa saja? Berikut ulasannya dilansir dari Klik Dokter.

1. Makanan Tinggi Lemak
Makanan seperti daging berlemak, produk olahan susu tinggi lemak, dan makanan yang digoreng dapat harus dihindari karena dapat meningkatkan kadar asam lambung.

2. Makanan Manis
Konsumsi banyak gula dapat membuat produksi asam lambung menjadi lebih tinggi.

3. Kafein
Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat memicu peningkatan asam lambung menjadi lebih tinggi.

4. Makanan yang Mengandung Gas
Sayuran seperti sawi dan kol, buah nangka, minuman bersoda, roti, sereal, dan pasta adalah makanan yang banyak mengandung gas. Hindari makanan ini agar tidak berisiko terkena infeksi lambung.

5. Makanan yang Dapat Memperlambat Pengosongan Lambung
Makanan yang masuk kategori ini antara lain cokelat, makanan berlemak, susu full cream, dan keju. Makanan-makanan tersebut juga dapat meningkatkan asam lambung.

6. Makanan Pedas
Makanan pedas dapat membuat iritasi pada dinding lambung. Contohnya adalah cabai, aneka sambal, saus cabai, atau makanan lain yang mengandung merica atau lada berlebih.

7. Makanan Asam
Makanan asam juga sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kadar asam lambung. Yang termasuk makanna asam adalah makanan yang diberi cuka, asinan, tomat, dan lain-lain.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari agar tidak mengalami infeksi lambung. Sangat penting untuk menjaga makanan dan yang dapat memicu infeksi lambung, apalagi jika Anda menderita atau pernah menderita infeksi lambung. Terapkan pola makan dan hidup yang lebih sehat, dan tak lupa rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES