Peristiwa

Forum Anak Ledokombo Ajak Anak Jadi Percaya Diri

Minggu, 25 Maret 2018 - 19:06 | 29.12k
Anak-anak Kecamatan Ledokombo, Jember saat peresmian Forum Anak Ledokombo. (FOTO: Siti Mukifah/TIMES Indonesia)
Anak-anak Kecamatan Ledokombo, Jember saat peresmian Forum Anak Ledokombo. (FOTO: Siti Mukifah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Camat Ledokombo Herlan meresmikan forum atau komunitas anak yang dibina pasangan suami istri, Farha Ciciek dan Suporahardjo di Pasar Lumpur Ledokombo,  Minggu, (25/3/2018).

Dalam peresmian tersebut, Herlan mengajak anak-anak untuk berjuang dalam pembangunan dunia pendidikan khususnya di wilayah Ledokombo. Dia juga berterima kasih kepada Farha dan Suporahardjo yang telah berinisiatif mendirikan forum anak ini. 

"Pendidikan memang perlu dipupuk sejak kecil terhadap anak-anak," kata Herlan. 

Suporahardjo menjelaskan bahwa forum ini sebenarnya telah ada sejak lama. Namun, hanya sebatas komunitas belajar.

Dia bercerita bahwa dirinya dan istri berinisiatif mendirikan komunitas belajar karena keprihatinannya terhadap anak-anak di Ledokombo yang tidak sedikit ditinggal orang tuanya bekerja di luar kota bahkan di luar negeri.

Menurutnya, hal tersebut dapat mempengaruhi mental anak dan berdampak terhadap proses belajar mereka. Menurutnya lagi, anak-anak yang lebih sering jajh dari perhatian orang tuanya cenderung menjadi anak yang kurang percaya diri dan rentan menjadi korban perundungan oleh anak seusianya.

Suporahardjo menuturkan forum anak yang dibentuknya tidak hanya mengajak anak-anak untuk belajar, tapi  juga bermain dan mengajarkan nilai-nilai kerja sama. Permainan yang disuguhkan adalah permainan tradisional seperti engrang, gampiak, dan bambu menari.

Khusus di Pasar Lumpur mereka dapat bermain lumpur. Bermain, menurut Suporahardjo, dapat memulihkan kepercayaan diri anak dan membuat anak-anak merasa bangga. 

"Sebenarnya hal yang kami inginkan adalah rasa percaya diri anak-anak. Ketika mereka merasa bangga terhadap diri sendiri, maka proses belajarnya juga akan baik." kata Suporahardjo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES