Peristiwa Daerah

Peni Suparto: Generasi Muda Harus Memiliki Kemandirian

Sabtu, 24 Maret 2018 - 11:42 | 29.98k
Wali Kota Malang periode 2003-2013, Peni Suparto mengisi seminar nasional ITN Malang (FOTO: Imad/ TIMES Indonesia)
Wali Kota Malang periode 2003-2013, Peni Suparto mengisi seminar nasional ITN Malang (FOTO: Imad/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mandiri dalam bekerja dan merdeka dalam berkarya sangat penting dimiliki generasi muda di tengah pesatnya perubahan zaman.

Hal ini disampaikan Wali Kota Malang periode tahun 2003-2013, Peni Suparto, saat menjadi pemateri seminar nasional ITN Malang, di aula serba guna Hidrolika, ITN Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (24/3/2018).

Peni mengungkapkan pengembangan teknologi dan informasi memiliki dampak positif. Namun, di sisi lain hal ini melemahkan semangat kemandirian dalam bekerja. Adanya kemudahan akses teknologi dan ketergantungan modernitas, secara tak langsung mengintervensi orisinalitas ide.

"Kita sedang berada dalam dunia yang sudah berubah," kata Peni

Semua yang sudah serba instan ini harus mampu dimanfaatkan dengan baik. Mandiri dalam bekerja dan Merdeka dalam berkarya merupakan satu paket komitmen yang harus dipegang oleh generasi muda ditengah arus zaman belangsung cepat.

Peni menyarankan kemandirian bisa dimulai dengan mengurangi tingkat ketergantungan pada teknologi.  "Segala pekerjaan yang bisa dikerjakan sendiri maka kerjakanlah tanpa dukungan orang lain. Jika pekerjaan itu bisa dilakukan tanpa harus menggunakan sistem teknologi maka prioritaskan sumber daya yang dimiliki," jelasnya.

Lebih lanjut, dijelaskan kemandirian dalam bekerja dan merdeka dalam berkarya adalah harapan semua orang. Tetapi perlu ditekankan ialah membangun mindset yang sesuai dengan arus zaman, berpikir kreatif, terbuka terhadap inovasi, mengeksplorasi imajinasi-imajinasi cerdas yang bisa diwujudkan secara nyata dan memaksimalkan semua sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan pekerjaan dan karya yang sesuai dengan harapan. 

"Generasi muda harus melahirkan semangat baru, ide-ide kreatif dab gagasan inovatif yang dapat dikerjakan dan dikaryakan secara mandiri dan merdeka," ucapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES