Peristiwa Daerah

Unik, Ada Terapi Berendam Air Laut di Probolinggo

Sabtu, 24 Maret 2018 - 10:52 | 300.07k
Warga berendam di pelabuhan perikanan mayangan, Kota Probolinggo (FOTO: Happy/ TIMES Indonesia)
Warga berendam di pelabuhan perikanan mayangan, Kota Probolinggo (FOTO: Happy/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pagi buta, di kawasan kolam barat, Pelabuhan Perikanan Mayangan, sudah ramai dipenuhi pengunjung. Ya, mereka adalah para lansia warga Kota Probolinggo, Jawa Timur, yang tengah asyik berendam di air laut. Rupanya, banyak manfaat yang bisa didapat dari berendam di air laut ini.

Berdasarkan keterangan salah satu warga, dengan menjalani terapi berendam di air laut selama satu hingga dua jam setiap hari, terbukti bisa mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari kolesterol, darah tinggi, pengapuran tulang, nyeri tulang, stroke, asma, dan lain sebagainya.

Perkumpulan para lansia ini, kemudian membuat suatu identitas, yang disebut sahabat laut. Dimana anggotanya semakin hari semakin banyak. Tak sekedar berendam, ada musik yang mengiringi. Hal inilah, yang membuat suasana makin santai, dan guyub. Mereka pun tak segan bercanda satu sama lain. Keadaan ini, terbukti bisa mengurangi strees dan penyakit. Sebab setiap hari, ada hal positif, yang bisa dinikmati. Otomatis, ketika memulai aktifitas pun, menjadi semakin bersemangat dan tanpa beban.

Terapi-berendam-di-laut.jpg

“Banyak rekan kami yang mulanya menderita penyakit, berangsur sembuh. Hanya dengan terapi berendam di air laut ini. Karena memang disini kami berusaha mencari kebahagiaan, dengan bercanda bersama. Bisa setiap hari, atau sepekan dua kali. Paling ramai biasanya saat Sabtu dan Minggu pagi,” kata salah satu penikmat terapi air laut, Hari Pramono, Sabtu (24/3/2018).

Hal senada juga dikatakan Mawardi, seorang purnawirawan polisi. Lelaki yang sebelumnya berdinas di Polresta Probolinggo ini menyebut, sebelum masa pensiun, ia sering mengalami gangguan kesehatan. Sebelumnya, ia harus pijat sebanyak tiga kali sebulan. Namun setelah pensiun, ia mencoba menjalani terapi berendam di air laut ini.

“Hasilnya sungguh diluar dugaan, badan saya terasa lebih segar, dan lebih baik dari biasanya. Pijat pun sudah saya tinggalkan, sejak tiga bulan lalu,” ujarnya.

Bahkan, tak hanya untuk urusan kesehatan. Terapi berendam di air laut ini juga dapat meningkatkan vitalitas pria. Sehingga banyak juga pemuda, maupun pria paruh baya yang ikut dalam komunitas ini. Anggotanya pun, beragam, dari berbagai macam strata. Semuanya berbaur tanpa pandang bulu, dan bercanda bersuka ria. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES