Peristiwa Daerah

Kirab Budaya Mleri, Melestarikan Budaya Jawa

Jumat, 23 Maret 2018 - 17:54 | 68.35k
Bupati Blitar, Drs.H.Rijanto,MM memberangkatkan Kirab Budaya Mleri di Di Desa Bagelenan, Kamis, 22 Maret 2018 (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)
Bupati Blitar, Drs.H.Rijanto,MM memberangkatkan Kirab Budaya Mleri di Di Desa Bagelenan, Kamis, 22 Maret 2018 (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar Kirab Budaya Mleri. Mleri merupakan petilasan Ken Arok, satu diantara Raja Singhasari.

Acara ini diawali dengan ruwatan di Mleri , tepatnya di Desa Bagelenan Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Dalam sambutannya Bupati Blitar Rijanto menegaskan, kegiatan kirab budaya ini bertujuan untuk nguri-nguri budaya Jawi (melestarikan budaya Jawa).

"Harapan saya, masyarakat Blitar Raya khususnya kaum muda melestarikan budaya yang notabene aset berharga bangsa," kata Bupati dalam sambutannya, Kamis (22/3/2018).

Seperti diketahui, Blitar merupakan Bumi Laya Eka Tantra Adhi Raja.Yang artinya tempat dikebumikannya raja-raja nusantara. Dan Blitar juga mendapat julukan Kabupaten Seribu Candi. Untuk itu, Bupati Blitar mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Blitar menjaga tempat-tempat bersejarah yang ada di kabupaten ini.

Kegiatan ini diawali dengan ruwatan, lalu dilanjutkan dengan Pawai Budaya Mleri. Pawai diberangkatkan langsung oleh Bupati Blitar dengan ditandai pemukulan gong. Peserta pawai dari berbagai paguyuban budaya yang ada di Kabupaten Blitar, berangkat dengan mengusung tema kearifan lokal daerahnya masing-masing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-6 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES