Peristiwa Daerah

Kapolri Minta Masyarakat Jangan Panik dengan Kejahatan Skimming

Kamis, 22 Maret 2018 - 19:22 | 53.59k
Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian saat menghadiri Rakernis Fungsi Lalu Lintas T.A. Tahun 2018 di Kuta, Kabupaten Badung Bali. Kamis (22/3/2018).(FOTO: Khadafi/TIMES Indonesia)
Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian saat menghadiri Rakernis Fungsi Lalu Lintas T.A. Tahun 2018 di Kuta, Kabupaten Badung Bali. Kamis (22/3/2018).(FOTO: Khadafi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menghimbau masyarakat agar tidak panik dengan maraknya kejahatan skimming yang terjadi beberapa waktu yang lalu. 

Hal itu, Tito sampaikan saat menghadiri Rakernis Fungsi Lalu Lintas Tahun 2018 di Kuta, Kabupaten Badung Bali. Kamis, (22/3/2018).

"Saya meminta masyarakat tidak terlalu panik. Karena terjadinya skimming ini, bukan hanya terjadi di Indonesia. Ini adalah fenomena IT, jadi kemajuan IT di manfaatkan untuk berbuat kriminal," ucapnya. 

Dari informasi yang diterima oleh Tito bahwa peristiwa kejahatan skimming bukan hanya di Indonesia. Tetapi, juga dialami hampir di setiap negara. 

"Oleh karena itu masyarakat tidak perlu panik dan tidak perlu takut. Jangan hilang kepercayaan terhadap sistem perbankan kita," imbuhnya. 

Tito juga menyampaikan, pihak Bank Indonesia (BI) akan terus berkoordinasi dengan para nasabah bank yang terkena skimming atau lainnya. 

"Karena nanti, dari Bank Indonesia akan mengkoordinasikannya. Mungkin, ada solusi untuk melindungi kepentingan para nasabah. Sehingga tingkat kepercayaan publik jadi lebih tinggi," ujarnya. 

Tito juga mengatakan, bahwa masyarakatnya tak perlu khawatir dan percayakan kepada pihak Kepolisian yang akan menindak para pelaku kejahatan skimming jaringan internasional tersebut. 

"Kami sudah melakukan penangkapan dan bekerja sama dengan teman-teman dari kepolisian negara asing yang memiliki kemampuan, jaringan informasi dalam rangka untuk menekan kelompok-kelompok ini. Jadi sekali lagi kami akan kejar terus mereka. Kami akan melakukan tindakan yang cukup tegas kepada mereka," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES