Peristiwa Daerah

KPK Jadi Tuan Rumah Pertemuan Lembaga Anti Korupsi Seluruh Dunia

Kamis, 22 Maret 2018 - 15:56 | 40.58k
Juru Bicara KPK, Febri Diansyah (FOTO: Hasbullah/ TIMES Indonesia)
Juru Bicara KPK, Febri Diansyah (FOTO: Hasbullah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi tuan rumah pada pertemuan "Forum Economic Crime Agencies Network (ECAN)" tahun ini. 

Pertemuan yang mengangkat tema "Pemberantasan Korupsi di Sektor Korporasi" tersebut kini sudah masuk hari terakhir. Acara berlangsung di Bali sejak tanggal 20 hingga 22 Maret 2018.

"Tujuan pertemuan tahunan ini di antaranya untuk bekerja sama pada tingkat operasional dalam menyegah, menyelidiki dan mengadili kejahatan ekonomi lintas yurisdiksi," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah dalam pesan teks, Kamis (22/3/2018).

Kata dia, forum ini juga dimanfaatkan KPK untuk berbagi informasi dan intelijen, pengetahuan operasional dan praktik terbaik dalam kebijakan maupun penegakan hukum kejahatan ekonomi.

Menurut Febri, tindak pidana korupsi, suap dan fraud sebagai bentuk kejahatan ekonomi merupakan masalah sistemik yang saat ini dihadapi oleh berbagai negara.

"Oleh karenanya kerjasama di antara lembaga penegak hukum setiap negara mutlak diperlukan dalam rangka pemberantasan kejahatan ekonomi tersebut," jelas Febri.

Tambahan informasi, pertemuan ECAN ke enam ini dihadiri oleh pejabat dari lembaga anggota ECAN yakni, Serious Fraud Office (SFO) dan City of London Police dari Inggris.

Selain itu, ECAN juga dihadiri Malaysian Anti-Corruption Commission (MACC) dari Malaysia, European Anti-Fraud Officer (OLAF) dari Komisi Eropa, Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB) dari Singapura dan Federal Bureau of Investigation (FBI) dari Amerika Serikat.

Turut hadir pejabat dari Serious Fraud Office (SFO) dari Selandia Baru, Independent Commission Against Corruption (ICAC) dari Hong Kong dan Australian Federal Police (AFP) dari Australia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES