Kesehatan

Tak Hanya Telur, 4 Makanan Ini juga Tinggi Protein

Kamis, 22 Maret 2018 - 05:12 | 63.83k
Makanan tinggi protein. (FOTO: USA Today)
Makanan tinggi protein. (FOTO: USA Today)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Telur adalah salah satu sumber protein yang mudah kita peroleh. Namun tidak semua orang bisa mengonsumsinya. Salah satu alasannya adalah alergi terhadap telur. Lalu bagaimana memenuhi kebutuhan protein jika alergi telur?

Tenang, ternyata ada makanan yang mengandung protein, bahkan lebih baik daripada telur. Menurut United States Departement of Agriculture, berikit makanan yang memiliki kandungan yang lebih tinggi dari telur dalam berat yang sama.

1. Ikan
Ikan jenis tuna mengandung 29 gram protein dan salmon 26 gram protein. Angka ini tentu hampir 2x lebih besar daripada telur. Untuk mendapatkan kandungan protein tersebut kita perlu mengonumsi ikan tuna atau salmon seukuran ikan gurami sedang utuh atau kurang lebih 2 kali ukuran telapak tangan orang dewasa.

2. Keju
Keju jenis cheddar ataupun mozarella, mampu mengalahkan protein yang ada pada susu dan telur, yaitu 22,8 gram yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi keju sebanyak 6-8 iris keju lembaran dengan ukuran yang umum ada di pasaran.

3. Daging Sapi
4 potong sedang daging sapi mentah (tanpa lemak) memiliki kandungan yang sama dengan ikan salmon yaitu 26 gram protein.

4. Kacang-kacangan
Kacang kedelai dan kacang tanah memiliki kandungan protein sebanyak 25 gram dan 36 gram protein. Angka ini bisa kita peroleh dengan mengonsumsi 8 sendok makan kacang kedelai atau kacang tanah.

Keempat bahan makanan diatas memiliki kandungan protein lebih tinggi dari telur dalam jumlah gram yang sama yaitu 100 gram. Porsi tersebut dapat menggantikan 2 butir telur dan tidak terlalu banyak jumlahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES