Peristiwa

Ini Kecamatan Penyumbang Terbanyak Calon Jemaah Haji di Lamongan

Rabu, 21 Maret 2018 - 17:18 | 22.14k
Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Lamongan. (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Lamongan. (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Kecamatan Kota Lamongan masih mendominasi jumlah Jemaah Calon Haji (JCH) terbanyak dari 27 Kecamatan di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

"Iya hampir setiap tahunnya Kecamatan Kota Lamongan JCH-nya terbanyak,” kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Lamongan, Rabu (21/3/2018).

Dikatakan Anam, pada tahun 2018 ini, setidaknya 10 persen dari jumlah JCH dari Kabupaten Lamongan adalah JCH yang berasal dari Kecamatan Kota Lamongan.

“Data update terkahir di Lamongan ada 1.790 JCH yang akan berangkat tahun ini, namun jumlah tersebut masih bisa berubah," ucap Anam. Ia juga mengungkapkan JCH dari Kecamatan Sukorame paling sedikit dengan jumlah 3 JCH.

Perubahan jumlah JCH tersebut, sambungnya, bisa terjadi karena, ada JCH yang memilih tunda berangkat atau adanya JCH yang meninggal namun belum melaporkan ke Kemenag Lamongan.

“Saat ini saja sudah ada 4 JCH yang membuat pernyataan resmi tunda berangkat, 1 JCH karena ada tugas belajar dan 3 JCH karena belum siap tahun ini dan siap berangkat tahun depan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anam menuturkan pada saat ini tahap persiapan Haji tahun 2018 masih dalam proses tahapan foto paspor bagi JCH, yang sebelumnya juga sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan tahap I di masing-masing Puskesmas.

“InsyaAllah tanggal 26 sampai 29 Maret besok akan ada imunisasi meningitis," tutur Anam.

Sementara itu terkait Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH)  tahun ini masih menunggu keputusan dari Kementerian Agama Pusat.

"Untuk BPIH masih belum ditentukan, insyaAllah dalam waktu dekat ini,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES