Wisata

Pantai Payangan, Pantai dengan Sejuta Pesona di Jember

Selasa, 20 Maret 2018 - 09:42 | 382.33k
Keindahan Pantai Payangan dilihat dari atas bukit. (FOTO: Ayu Novita Raga/Times Indonesia)
Keindahan Pantai Payangan dilihat dari atas bukit. (FOTO: Ayu Novita Raga/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Pesona keindahan pantai di Kabupaten Jember telah dikenal seantero nusantara. Meski gaungnya belum senyaring berita seputar Pantai Watu Ulo yang melegenda, tetapi eksotika Pantai Payangan akan membuat setiap pengunjungnya jatuh cinta.

Tempat wisata ini mulai tenar dan dikenal seiring berkembangnya media sosial dan kecanggihan dunia digital. Foto-foto apik koleksi pengunjung yang bertebaran di dunia maya bagaikan magnet bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang berkunjung ke sana.

Pantai-Payangan-3.jpg

Berjarak kurang lebih 35 km dari pusat kota jember, lokasi pantai menawan ini bisa Anda capai dalam satu jam perjalanan menggunakan motor atau mobil. Akses jalannya pun mudah, meski belum ada angkutan umum yang tersedia untuk mengantarkan kita ke sana. 

Hampir di sepanjang perjalanan mata Anda akan dimanjakan dengan suguhan hamparan hijau sawah dan payung kanopi dari pepohonan yang menyejukkan.

Pantai-Payangan-4.jpg

Bukit cukup terjal dengan jalan berbatu menjadi tantangan pertama yang harus Anda lalui manakala ingin menikmati pemandangan pantai dari atas bukit. Beberapa pengunjung bahkan perlu menyewa tongkat kayu bertarif Rp 2.000 untuk setiap kali jalan demi menyisir lereng bukit.

Kelelahan Anda menyusuri bukit berbatu akan segera terbayar dengan suguhan panorama alam asri nan menawan.

Biru laut berpadu dengan deru ombak bisa kita nikmati dari ketinggian bukit hijau di sekitar pantai. Luasnya lapang pandang kita langsung menghadap bentangan Samudra Hindia begitu apik dikagumi ketika senja.

Ilalang bejajar, begitu rapi dirawat alam, tersusun indah dikelilingi bunga-bunga kertas liar. Belum lagi kicau burung yang bernyanyi nyaring bersumber dari pepohonan rindang yang tumbuh subur di sekeliling bukit.

Pantai-Payangan-2.jpg

Tercekik rasa haus karena terik mentari di siang hari bisa Anda atasi seketika dengan memesan es kelapa muda yang banyak dijajakan pedagang di sana. Tak perlu merogoh kocek dalam, segarnya es kelapa muda yang kaya nutrisi bisa Anda nikmati dengan harga sangat terjangkau, yakni Rp 10.000 saja per buahnya.

Berbagai hasil laut mulai dari ikan, gurita, dan kerang yang disediakan hampir di setiap warung di tepian pantai bisa jadi pilihan menu untuk santap siang Anda, lagi-lagi dengan harga yang begitu ramah di kantong. 

Surga tersembunyi yang terletak di Desa Sumberedjo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember ini membuat setiap orang yang pernah mengunjunginya ingin kembali. Tak pelak, jumlah pengunjungnya terus bertambah dari hari ke hari. Menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat sekitar yang kini menggantungkan hidupnya dari tempat wisata ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES