Peristiwa Daerah

Jalur Menuju Laut Pasir Bromo Kembali Normal

Selasa, 20 Maret 2018 - 09:20 | 55.86k
Warga melintas di akses jalan menuju Kaldera Lautan Pasir Gunung Bromo (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Warga melintas di akses jalan menuju Kaldera Lautan Pasir Gunung Bromo (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pembersihan material longsoran di jalur menuju laut pasir Bromo, di Cemoro Lawang, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur mulai menunjukkan hasil. Jalur tersebut, sudah bisa dilewati oleh kendaraan. Baik roda empat, roda dua, maupun penunggang kuda. Aktifitas wisata pun, berangsur normal kembali.

Selasa (20/3/2018) pagi, lokasi longsor menuju jalur lautan pasir Bromo, sudah mulai lancar. Kendaraan roda empat yang sebelumnya tidak bisa melintas, kini bisa melewati lokasi longsor.

Walaupun proses pembersihan material baru berjalan 50 persen, namun jalur ini sudah dapat digunakan kembali. Sehingga aktifitas wisata, berangsur normal. Pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), menargetkan pembersihan material secara selesai pada esok hari.

“Kami targetkan besok (Rabu) sudah selesai. Lebih cepat lebih baik, dari prediksi sebelumnya, sekitar 4 hingga lima hari,” kata Kasi Tengger Laut Pasir TNBTS, Subur.

Dengan demikian, jalur menuju laut pasir ini, bisa sepenuhnya bersih dari material longsoran. Kendati jalur sudah bisa dilewati oleh berbagai macam kendaraan, pengunjung maupun pelaku wisata yang melintas, diimbau untuk tetap berhati-hati, saat melewati bekas lokasi longsor.

Seperti diberitakan sebelumnya, jalur menuju lautan pasir, di Cemoro lawang Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, longsor, tepatnya pada Minggu (18/3/2018) dinihari. Material setebal 2000 meter kubik, menutupi seluruh bagian jalan. Pengunjung pun terpaksa dialihkan lewat jalur alternatif, yang hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki, kuda, dan motor saja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES