Pendidikan

Pertama di Indonesia, STPP Malang Bentuk KEP

Senin, 19 Maret 2018 - 12:24 | 39.91k
Pertemuan pembentukan Kelembagaan Ekonomi Petani, Kamis (15/3/2018) di BPP Kecamatan Lawang dan Singosari, Kabupaten Malang. (FOTO: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia).
Pertemuan pembentukan Kelembagaan Ekonomi Petani, Kamis (15/3/2018) di BPP Kecamatan Lawang dan Singosari, Kabupaten Malang. (FOTO: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANG – Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang merintis pembentukan Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP). Pembentukan KEP ini dilakukan di wilayah binaan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Lawang dan Singosari, Kabupaten Malang, Jatim. 

Koordinator tim KEP STPP Malang, Dr Ir Ismulhadi MSi menyebutkan, penbentukan KEP ini dilatarbelakangi oleh berbagai hal, yaitu tidak ada kepastian harga jual, manajemen bersifat parsial, dan kemandirian petani masih rendah.

Ekonomi-Petani-stpp.jpg

Selain itu, hal-hal lainnya adalah kebijakan yang belum berpihak kepada pelaku utama dan pelaku usaha, peran stakeholder belum optimal, dan kelembagaan petani belum berfungsi secara maksimal. 

"Pembentukan KEP dimaksudkan untuk mengatasi berbagai masalah itu," ujar Ismulhadi, beberapa waktu lalu.

stpp-Ekonomi-Petani.jpg

Dengan pembentukan KEP, kata dia, diharapkan peningkatan peran para pemangku kepentingan (stakeholders),  sehingga dapat melakukan agribisnis yang lebih menguntungkan.

STPP Malang bersama BPP di Lawang dan Singosari, juga membangun komitmen untuk mengembangkan komoditas padi dan jagung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES