Peristiwa Daerah

Pembersihan Material Longsor Jalur Bromo Perlu Waktu 4 Hari

Senin, 19 Maret 2018 - 11:33 | 33.15k
Pembersihan material longsor di jalur menuju Kaldera Lautan Pasir Gunung Bromo. (FOTO; Happy/TIMES Indonesia)
Pembersihan material longsor di jalur menuju Kaldera Lautan Pasir Gunung Bromo. (FOTO; Happy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pembersihan material longsor yang menimbun akses menuju Kaldera Lautan Pasir Gunung Bromo di Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, mulai dilakukan Senin padg tadi (19/3/2018).

Diperkirakan, upaya ini total memakan waktu hingga empat hari. Satu unit kendaraan berat dikerahkan, untuk mengevakuasi sekitar 2000 meter kubik material longsor. 

Sejauh ini, jalur wisata itu, belum bisa dilewati oleh kendaraan roda empat. Sementara pengunjung, masih bisa lewat jalur alternatif. Dengan menggunakan kuda, jalan kaki, atau dengan ojek.

Pembersihan material longsor ini, diperkirakan memakan waktu sampai empat hari. Itu untuk pembersihan total. 

“Materialnya banyak, sedangkan alat berat yang dikerahkan, hanya satu. Untuk kembali normal seperti sedia kala, butuh waktu sekitar empat hari,” kata Petugas Dinas PU-PR, Arif Purnomo, Senin (19/3/2018).

Namun, evakuasi diusahakan bisa selesai satu hari ini. Minimal, dapat dilalui kendaraan roda empat sehingga akses wisatawan bisa kembali normal, dalam menikmati keindahan Bromo. 

Hingga berita ini dituliskan, proses evakuasi material longsor masih terus berlangsung. Dengan pengawalan dari aparat keamanan, petugas TNBTS, dan relawan setempat.

Sebelumnya, longsor melanda jalur menuju lautan pasir Bromo, melalui Cemoro Lawang Kabupaten Probolinggo. Tebing setinggi 80 meter, longsor dan menutupi jalur tersebut. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES