Politik

Urusan Politik, Nyai Makkiyah: Salafiyah Safi'iyah Pasrahkan kepada Saya

Minggu, 18 Maret 2018 - 18:29 | 63.51k
Achmad Dhafir saat dikenalkan oleh Nyai Makkiyah sebagai satu-satunya calon yang didukung Ponpes Salafiyah Safi'iyah, Sukorejo, Situbondo. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Achmad Dhafir saat dikenalkan oleh Nyai Makkiyah sebagai satu-satunya calon yang didukung Ponpes Salafiyah Safi'iyah, Sukorejo, Situbondo. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Salah satu pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Safi'iyah, Sukorejo, Situbondo, Ny Makkiyah As'ad Syamsul Arifin, menegaskan dukungannya kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso, Achmad Dhafir dan Hidayat.

Hal tersebut ia sampaikan saat mengisi ceramah di Taman Krocok Bershalawat, di Desa Kemuningan, Kecamatan Taman Krocok, Bondowoso, Jawa Timur. 

"Urusan politik, diserahkan kepada Umi Makki," tutur Nyai Makkiyah menirukan ucapan KH Azaim As'ad Syamsul Arifin selaku Ketua Pengasuh Ponpes Salafiyah Safi'iyah, Minggu (18/3/2017).

Dhafir-2.jpg

Nyai Makkiyah bahkan dengan tegas menyebut pihak-pihak yang mengklaim mendapat dukungan dari Ponpes Salafiyah Safi'iyah di Pilkada Bondowoso sebagai pembawa kabar bohong atau hoaks, "Kalau ada yang bilang mewakili Sukorejo mendukung paslon yang lain, itu bohong," ucapnya. 

Ponpes Salafiyah Safi'iyah kata Nyai Makkiyah, juga tidak segan menyoret alumni yang kedapatan mendukung paslon lain. Sesuai dawuh KH As'ad Syamsul Arifin, Ponpes Salafiyah Safi'iyah ingin semua entitas pesantren satu suara tidak terkecuali dalam urusan politik.

"Jadi kalau satu tersenyum, yang lain juga ikut tersenyum. Maka kalau ada alumni yang mendukung selain pak Dhafir, maka itu bukan lagi alumni Sukorejo," kata Nyai Makkiyah. 

Nyai Makkiyah mengungkapkan dukungannya pada Dhafir-Dayat didasari pada kesepakatan para Ulama. Dalam rapat keluarga, secara bulat dukungan di Pilkada Bondowoso juga jatuh pada pasangan mantan Ketua DPRD dan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso itu.

"Ini pak Dhafir. Meskipun belum masuk kampanye kan tidak apa-apa kalau mengenalkan calon," ujar Nyai Makkiyah mengenalkan Dhafir kepada para ribuan Muslimat NU yang hadir. 

Sementara Dhafir sendiri mengingatkan para muslimat untuk tidak gamang menentukan pilihan dan menyerahkan kepada keputusan para Ulama. 

"Tidak usah bingung, tidak usah ragu. Pasrah pada ulama. Manut kata Ulama," katanya. 

Dalam kesempatan itu, Maryati Dhafir,  istri Dhafir dan Sumariyati istri Hidayat dan Mustakmillah yang hadir hadir memberikan santunan kepada 44 anak yatim piatu. 

Kendati hujan deras mengguyur, ribuan muslimat yang hadir tetap anteng mendengarkan ceramah Nyai Makkiyah. Kegiatan ini sendiri rutin dilaksanakan bergiliran dan dimotori oleh istri Kepala Desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES