Rabu, 19 September 2018
Peristiwa - Daerah

Rizal Ramli: Trisakti Jangan Menjadi Kembang Kata

Rizal Ramli: Trisakti Jangan Menjadi Kembang Kata Rizal Ramly saat ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar. (FOTO: Nana Ariani/TIMES Indonesia)
Minggu, 18 Maret 2018 - 13:41

TIMESINDONESIA, BLITAR – Tokoh nasional, Rizal Ramli, mengingatkan kepada politisi dan para pemimpin untuk tidak lagi menjadikan Trisakti hanya sebagai kembang kata saja. Ajaran pendiri bangsa, yakni Soekarno atau Bung Karno tersebut bila diimplementasikan secara benar, maka dipastikan Indonesia akan menjadi bangsa yang besar dan disegani negara lain.     

"Sedikit sekali cita-cita kemerdekaan yang dicapai. Ini karena pikiran dan ajaran Bung Karno tentang Trisakti, marhaenisme, keberpihakan bangsa kita sering jadi hanya kembang kata saja, isinya jarang dilaksanakan," ujar mantan Menko Ekuin era Presiden KH Abdurrahman Wahid dan mantan Menko Maritim era Presiden Joko Widodo ini usai ziarah di makam mantan Presiden Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Minggu, (17/3/2018).

Rizal kemudian menyebut bahwa hingga kini masih ada sekitar 40 persen warga Indonesia yang belum menikmati arti kemerdekaan, salah satunya sulitnya mendapatkan kesejahteraan.

"Setiap kali saya datang ke makam saya terbebankan, terenyuh. Walaupun Indonesia sudah merdeka 72 tahun, sedikit sekali cita-cita kemerdekaan yang dicapai, bahkan dilupakan," sesal Rizal.

Padahal, menurut Rizal, Indonesia seharusnya bisa menjadi negara maju, mengingat sumber daya alamnya melimpah.

Jurnalis : Nana Ariani
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration