Peristiwa - Daerah

Kata Menteri ESDM, Program LTSHE di Papua Bisa Sukses Karena Peran Pemda

Kata Menteri ESDM, Program LTSHE di Papua Bisa Sukses Karena Peran Pemda Menteri Energi dan Sumber Daya Meneral Ignasius Jonan saat memperlihatkan lampu tenaga surya hemat energi  (LTSHE) di Papua (FOTO: Hasbullah/ TIMES Indonesia)
Kamis, 15 Februari 2018 - 20:54

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Meneral Ignasius Jonan mengatakan, program lampu tenaga surya hemat energi  (LTSHE) di Papua dapat terlaksana berkat peran serta pemerintah daerah setempat. 

"Tentunya program ini terlaksana dengan baik tidak terlepas dari peran serta pemerintah daerah, mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, sampai ke tingkat desa dan dusun," papar Jonan, Kamis (15/2/2018).

Kata dia, peran dari pemerintah daerah salah satunya bisa dilihat dengan pengusulan lokasi pemasangan LTSHE, di mana salah satu lokasi yang diusulkan adalah Kabupaten Tambrauw.

Kabupaten Tambrauw mendapatkan alokasi 529 unit LTSHE untuk 529 rumah/fasum yang berada di lima kecamatan/distrik di dua belas desa.

"Untuk kecamatan Syujak 9 unit, Miyah 17 unit, Kwoor 37 unit, Yembun 118 unit, dan Kecamatan Kebar 348 unit," tutur Jonan. 

Dari lima kecamatan itu lanjut Jonan, pemasangan lampu tenaga surya tersebar di dua belas desa, meliputi, 9 unit untuk Desa Banso, terus 11 unit di Desa Miri dan 11 unit di Desa Miri.

Sedangkan Desa Tabamsere mendapat jatah 6 unit, ditambah 37 unit untuk Desa Batde, berikut Desa Baun yang mendapat 35 unit lampu LTSHE.

"Selanjut Desa Baun, 35 unit, Desa Sumbekas 25 unit, Desa Bamusbama 58 unit, Desa Nekori 125 unit, Desa Inambuari 93 unit, Desa Atay 45 unit, Desa Ajami 50 unit dan Desa Inam sebanyak 35 unit," tukas Jonan. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration