Senin, 26 Februari 2018
Peristiwa - Daerah

Program LTSHE, Awal Mimpi Indah Bagi Masyarakat Papua

Program LTSHE, Awal Mimpi Indah Bagi Masyarakat Papua Warga Kabupaten Lanny Jaya, Papua saat mendapatkan Lampu Tenaga Surya (FOTO: Hasbullah/ TIMES Indonesia)
Kamis, 15 Februari 2018 - 20:35

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dirjen Energi Baru dan Terbarukan, Kementerian ESDM Rida Mulyana melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Rabu (14/2/2018).

Kunjungan itu guna memastikan program pemasangan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) di daerah tersebut berjalan sesuai harapan. 

"Kami diminta Pak Menteri (Ignasius Jonan) untuk mengawal betul program Nawacita ini, memastikan berjalan lancar," ujar Rida saat kunjungan berlangsung. 

Rida berkata, program LTSHE sebagai bukti keseriusan pemerintah mewujudkan percepatan pemerataan di bidang energi yang berkeadilan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia (NKRI).

"Kebetulan kali ini kami diserahkan tanggungjawab untuk apa yang kami sebut energi berkeadilan," tuturnya. 

Provinsi Papua, khususnya Kabupaten Lanny Jaya sambung Rida bagian dari wilayah Indonesia yang sama-sama memiliki hak untuk memperoleh layanan pemerintah pusat. 

"Kami semua yang dari Jakarta ingin melayani, sehingga kalau ada yang perlu disampaikan ke kami, silakan. Kami akan mendengar dan mewujudkan," tutur dia. 

Karena itu, masyarakat melalui pemerintah daerah (Pemda) Lanny Jaya untuk melapor dan menyampaikan seluruh masukan kepada pusat agar dapat segera ditindaklanjuti. 

"Takut ada yang terlewat, kita juga diminta untuk menyisir rumah-rumah warga takut ada yang terlewat," tegas Rida. 

Diketahui, program LTSHE dilaksanakan sejak 2017 dan terus berlanjut tahun ini di mana pada tahun 2017 lebih difokuskan untuk pemasangan di wilayah Indonesia Timur dan salah satunya di Provinsi Papua.

Pemasangan lampu tenaga surya merupakan program pra elektrifikasi dari pemerintah pusat untuk memberikan akses penerangan kepada masyarakat yang berada di wilayah 3T, yakni, terpencil, tertinggal dan terluar. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration