Rabu, 19 Desember 2018
Peristiwa - Daerah

Hadiri Haul Pertama, Wanedi Kagumi Sosok KH Hasyim Muzadi

Hadiri Haul Pertama, Wanedi Kagumi Sosok KH Hasyim Muzadi Calon Wakil Wali Kota Malang nomor urut 1, Achmad Wanedi. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Minggu, 18 Maret 2018 - 12:31

TIMESINDONESIA, MALANG – Calon Wakil Wali Kota Malang, Ahmad Wanedi menghadiri peringatan 1 tahun haul KH Hasyim Muzadi, yang berlangsung di Pondok Pesantren Al Hikam, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu, (18/3/2018).

Wanedi mengungkapkan mantan pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam Malang, dan Ketua Umum Nahdatul Ulama (NU) Hasyim Muzadi, merupakan sosok panutannya di samping Gus Dur.

Ia pun mengaku ingat sebuah pelajaran yang diambil dari KH Hasyim. Menurutnya, penjembatan dalam menghubungkan silahturahim antarumat beragama, antarkelompok masyarakat, dan antarpemerintah dengan umat beragama, sangatlah penting. 

Sebab, beliau merupakan sosok yang terbuka dalam menerima semua umat tanpa membeda-bedakan agama ataupun asal-usul.

"Beliau mampu menampilkan dirinya sebagai sosok ulama besar Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) yang berorientasi agar sunnah dan tradisi keagaman tetap terjaga dalam orientasi jamaah," katanya.

Ia menjelaskan bahwa KH Hasyim mengajarkan untuk tidak berorientasi memecah belah, melakukan konfilk atau menghadirkan ekstremisme, radikalisme maupun terorisme. 

"Beliau juga sangat vokal dalam membela umat Islam dari pihak-pihak yang anti dengan Islam dan umat Islam," terangnya.

Selain itu, perjuangan yang telah dilakukan oleh KH Hasyim lanjutnya harus menjadi desahan nafas seluruh umat muslim di seluruh Indonesia khususnya di Kota Malang.

"Ini yang harus dicontoh, semangat persatuan dan toleransi yang telah beliau wariskan kepada kita harus dijaga," katanya. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration