Minggu, 23 September 2018
Pendidikan

Siswa SMAM 10 Surabaya Ikuti Diskusi Tangkal Foto Hoax

Siswa SMAM 10 Surabaya Ikuti Diskusi Tangkal Foto Hoax Siswa ekstrakurikuler jurnalistik SMAM 10 Surabaya saat mengikuti diskusi foto melawan hoax di Dewan Kesenian Surabaya, Rabu (14/3/2018).(FOTO: Istimewa)
Jum'at, 16 Maret 2018 - 14:41

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Diskusi fotografi yang digelar oleh Chipoc (Civitas Photography) Universitas Dr Soetomo, sukses mengajak siswa SMA Muhammadiyah 10 Surabaya melek fotografi di era millenial.

Workshop fotografi dengan tema Fotografi Melawan Hoax yang digelar selama empat hari, (14-17 Maret 2018) di Gedung Dewan Kesenian Surabaya (DKS) tersebut, juga diikuti oleh kalangan mahasiswa. 

“Acara ini merupakan bagian dari edukasi mengenai berita hoaks yang sering beredar dan ditampilkan melalui visual yaitu foto. Sehingga peserta semakin tahu mana foto yang real atau fiktif sehingga tidak perlu dilanjutkan lagi untuk diviralkan,” terang Hamidah Soetadji, selaku guru ekstrakurikuler jurnalistik dari SMA 10 Muhammadiyah (SMAM 10) Surabaya.

Jika ditelisik, dunia fotografi dari masa ke masa memang memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih lagi di ‘jaman now’ seperti saat ini. 

“Sosial media berpengaruh besar untuk bisa menikmati setiap upload foto yang menarik hingga eksistensi diri,” tambah wanita yang akrab disapa Mimied ini.

Namun terkadang ada gangguan tidak nyaman dilihat pada saat foto-foto itu beredar di sosial media. Banyak pelaku yang tidak bertanggung jawab memunculkan gambar maupun foto. Sementara kebenarannya masih simpang siur, hingga akhirnya foto tersebut dapat dikatakan hoaks. Terlebih lagi setiap harinya 136.000/menit gambar atau foto yang sudah ter-upload. 

Jurnalis : Lely Yuana
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration