Senin, 26 Februari 2018
Peristiwa - Daerah

Ini Strategi Pemkab Lamongan Dorong BUMDes

Ini Strategi Pemkab Lamongan Dorong BUMDes Bupati Lamongan Fadeli menandatangani MoU dengan PT Mitra BUMDES Nusantara (MBN), di Pendopo Lokatantra, Rabu, (14/2/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Rabu, 14 Februari 2018 - 16:46

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sejumlah langkah strategis dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur, agar perekonomian desa bisa bergerak secepat kilat. Satu di antaranya, dengan menjadikan Badan usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai motor untuk menggerakkan perekonomian desa.

“Semua desa desa di Lamongan, 462 Desa, sudah memiliki BUMDes,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Khusnul Yaqin, Rabu, (14/2/2018).

Namun, sambung Khusnul, banyak dari BUMDes tersebut memang belum bisa berfungsi optimal. Maka pihaknya berupaya dengan membentuk BUMDes bersama yang digabungkan dengan pengelolaan dana pasca Program Nasional Pemberdayaan Masyarakakat (PNPM).

“Ini juga upaya untuk pengelolaan aset PNPM agar sesuai peruntukan, yang aset aktifnya mencapai Rp 84 miliar dan aset iddle sebesar Rp 19 miliar,” ujarnya.

Khusnul menjelaskan, BUMDes bersama ini sudah terbentuk di sebanyaj 9 kecamatan. “Sisa kecamatan lainnya akan dituntaskan di Februari 2018 ini juga,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ia mengaku, langkah lain untuk optimalisasi BUMDes dilakukan dengan mengundang sejumlah perusahaan profesional sebagai calon rekanan BUMDes. “Pimpinan perusahaan ini diundang menyampaikan paparan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan Fadeli menyebut alasan utamanya untuk menggerakkan ekonomi desa agar warganya tidak terus-terusan keluar Lamongan dalam mencari nafkah.

“Jangan sampai kita semakin tertinggal momentum. Apalagi setelah ada UU desa, kini desa memiliki dana yang cukup untuk membangun. Tugas kita untuk mengarahkan,” kata Fadeli.

Fadeli ingin ekonomi desa melalui BUMDes bisa bergerak, mandiri, inovatif dan bisa melakukan ekspansi bisnis. “Makanya salah satunya di bentuk unit usaha berbentuk perusahaan terbatas (PT),” ujarnya.

Embrio pembentukan PT pun telah di miliki Lamongan, yakni dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Pemkab Lamongan dengan PT Mitra BUMDES Nusantara (MBN). (*)

Pewarta : Ardiyanto
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Lamongan

Komentar

Registration