Peristiwa - Daerah

Menteri Susi Pudjiastuti Ngopi Bareng Nelayan Cantrang Probolinggo

Menteri Susi Pudjiastuti Ngopi Bareng Nelayan Cantrang Probolinggo Menteri Susi bersama nelayan Probolinggo (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Rabu, 14 Februari 2018 - 16:57

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sampai di pelabuhan perikanan Mayangan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti langsung menyapa nelayan cantrang, Rabu (14/2/2018).

Selama di Probolinggo, menteri nyentrik ini menyempatkan untuk mengunjungi sejumlah tempat. Diantaranya, Pelabuhan Perikanan Payangan, Pulau Gili Ketapang, dan berenang di dekat Hiu Tutul.

Bahkan tak segan, sembari berdialog, Susi meminta segelas kopi milik nelayan. Selanjutnya, Susi diberondong pertanyaan seputar regulasi alat tangkap cantrang.

Susi menghimbau langsung pada nelayan cantrang, untuk melengkapi surat-surat terlebih dahulu. Tujuannya, agar nelayan aman ketika berada di lautan.

“Kebijakan yang kami lakukan, semata mata untuk melindungi masyarakat nelayan dari pencurian ikan nelayan asing. Termasuk dengan kebijakan mengganti alat tangkap ikan,” Katanya, seraya menikmati kopi nelayan.

Susi juga menyebut, agar nelayan mengganti jaring cantrang yang selama ini digunakan, dengan alat tangkap yang lebih bersahabat dan ramah lingkungan. “Kalau kurang modal, nanti bisa mengajukan pinjaman,” ujarnya kemudian.

Sejauh ini, Susi menyebut, potensi perikanan di wilayah Probolinggo, sangat bagus. Namun jarang diketahui oleh media mainstrem. Hal itu patut dikembangkan dan terus dijaga kelestariannya.

Setiap harinya, ada sekitar 300 ton ikan dari perairan timur Indonesia yang masuk ke pelabuhan Probolinggo.

Hasil tangkapannya pun beragam. Mulai dari kakap merah, krisi, dan lain sebagainya. Dimana hasil tangkapan nelayan itu, jauh lebih banyak sekarang, dari pada sebelumnya.

Kondisi Kabupaten Probolinggo yang sudah bebas nelayan cantrang, sangat diapresiasi. Karenanya, Susi menyebut, pihaknya tak segan untuk membantu. Baik berupa pembangunan dermaga, serta pengembangan nelayan. (*)

Jurnalis : Happy L. Tuansyah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration