Selasa, 20 November 2018
Politik Pilgub Jatim 2018

Panwaslu Kota Batu: 1878 Pemilih Meninggal Masih Terdaftar

Panwaslu Kota Batu: 1878 Pemilih Meninggal Masih Terdaftar ILUSTRASI: Pojok Pengawasan Partisipatif di Panwaslu Kota Batu. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)
Kamis, 15 Maret 2018 - 08:45

TIMESINDONESIA, BATU – Panwaslu Kota Batu mengumumkan hasil pengawasan pemutakhiran data pemilih tahun 2018. Salah satunya mengenai jumlah pemilih yang tidak memenuhi syarat. 

Termasuk dalam kategori tersebut, di antaranya pemilih yang tidak dikenali, pemilih meninggal tapi terdaftar, dan pemilih pindah domisili.

Jumlah pemilih yang tidak dikenali di Kota Batu sekitar 705 orang. Persebarannya di tiga kecamatan, yakni Bumiaji, Batu, dan Junrejo. Jumlah tertinggi di Kecamatan Batu sebesar 410 orang.

Sementara jumlah pemilih yang meninggal dunia tapi masih terdaftar, data Panwaslu Kota Batu mencatat ada 1.878 orang. 

Anggota Panwaslu Kota Batu, Yogi Eka Chalid Farobi mengatakan, temuan data orang yang sudah meninggal ini membuka peluang disalahgunakan. 

"Tapi (data pemilih yang meninggal) ini sudah dicoret. Jangan sampai pada penelusuran berikutnya, dari DPS (Daftar Pemilih Sementara) ke DPT (Daftar Pemilih Tetap), data ini muncul lagi," kata Yogi, Rabu (14/3/2018) malam di kantor Panwaslu Kota Batu.

BACA JUGA: Analisa Daftar Pemilih, Ini Temuan Panwaslu Kota Batu

Jumlah cukup besar tampak pada pemilih pindah domisili, yakni sebanyak 4.718 orang. Persebarannya ada tiga kecamatan: Batu (2410), Bumiaji (1374), dan Junrejo (934).

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration