Kesehatan

Wah, Memelihara Anjing Bisa Turunkan Risiko Penyakit Ini

Kamis, 15 Maret 2018 - 01:28 | 26.38k
Memelihara anjing. (FOTO: Istimewa)
Memelihara anjing. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi sebagian orang, anjing mampu menjadi binatang peliharaan serta sahabat yang baik. Namun, lebih dari itu, ternyata anjing mampu memberikan dampak positif bagi pemiliknya.

Dilansir dari The Guardian, sebuah penelitian di Swedia menyebutkan bahwa mereka yang memelihara anjing memiliki risiko 23 persen lebih rendah terkena serangan jantung. Penelitian ini dilakukan sepanjang 12 tahun kepada 3,4 juta orang di Swedia yang berada pada rentang usia 40 hingga 80 tahun.

Selain menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga 23 persen, studi tersebut turut menunjukkan bahwa memelihara binatang peliharaan anjing dapat menurunkan kematian dari segala macam penyakit hingga 20 persen.

Fakta ini lalu dikaitkan dengan penelitian sebelumnya dari pihak yang sama, tentang manfaat memelihara anjing yang mampu membebaskan seseorang dari rasa depresi dan perasaan terisolasi dari lingkup sosial.

Berdasarkan studi dari pihak tersebut, mereka yang memiliki anjing memiliki respons yang lebih baik dalam menghadapi stres karena terbiasa menghadapi binatang peliharaannya. Hasil dari tekanan darahnya pun tidak gampang meninggi dan lebih stabil.

Selain itu, memelihara anjing juga mampu memberikan dampak positif berupa aktivitas fisik yang lebih aktif sehingga bermanfaat menjaga kolesterol dalam tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES