Peristiwa Daerah

Hari Raya Nyepi, Bandara Ngurah Rai Tidak Operasi 24 Jam

Rabu, 14 Maret 2018 - 14:52 | 37.87k
Suasana di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Rabu (14/3/2018).(FOTO: IST/TIMES Indonesia)
Suasana di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Rabu (14/3/2018).(FOTO: IST/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Menyambut Hari Raya Nyepi Umat Hindu, Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai tidak beroperasi selama 24 jam, terhitung mulai tanggal (17/3/2018) mendatang. Pada pukul 06.00 Wita.

Penghentian sementara operasional penerbangan ini, mengacu pada Surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara nomor AU/2696/DAU/223168/1796/99 tanggal 1 September 1999 tentang Pengoperasian Bandara Ngurah Rai Denpasar pada Hari Raya Nyepi. 

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, saat pelaksanaan Nyepi hari Sabtu (17/3/2018) mendatang, kami akan menghentikan semua aktifitas pelayanan di bandara. Penutupan berlangsung selama 24 jam dan bandara kembali beroperasi secara normal pada Minggu, (18/3) pukul 06.00 Wita,” ucap General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi di Kuta. Rabu (14/3).

Ngurah-Rai.jpg

Dengan penutupan ini, artinya semua penerbangan berjadwal dan charter baik rute domestik maupun internasional akan ditiadakan. Berdasarkan data yang dihimpun sedikitnya 482 penerbangan tidak beroperasi pada saat Nyepi. 244 penerbangan domestik dan 238 internasional. Rute terbanyak tujuan Cengkareng, Kuala Lumpur, Singapura, Perth dan Surabaya.

Untuk mengatur jadwal penerbangan yang akan datang dan berangkat dari Bali, pihak Angkasa Pura I bekerjasama dengan Airnav Indonesia Cabang Denpasar telah menerbitkan pemberitahuan kepada maskapai dan bandara di seluruh dunia melalui Notice to Airman (NOTAM) nomor A0117/18 NOTAMN. 

“Rencana penutupan bandara ini sudah diketahui semua pelaku penerbangan di dunia, kami juga sudah berkoordinasi secara intens dengan para airline. Mereka sudah menyesuaikan dan mengatur jadwalnya dengan periode penutupan bandara,” jelas Yanus Suprayogi.

Kendati mengalami penutupan, pihak bandara akan tetap melayani penerbangan yang bersifat darurat. Dari pihak bandara nantinya akan ada 368 personil yang akan disiagakan di Bandara saat Hari Raya Nyepi. 

"Kami, lakukan untuk mengantisipasi adanya permohonan emergency landing, technical landing atau medical evacuation. Kami, juga didukung oleh Airnav, Imigrasi, Bea Cukai, KKP, TNI AU Ngurah Rai, Polsek Kawasan Udara Ngurah Rai, airline dan ground handling,” ungkap Yanus.

Berdasarkan data penerbangan berjadwal, Garuda Indonesia (GA897) dari Guangzhou, China dan GA7049 dari Lombok menjadi penerbangan pertama yang mendarat pasca penutupan. Sedangkan Indonesia AirAsia (QZ550) tujuan Kuala Lumpur dan Garuda Indonesia (GA401) tujuan Cengkareng direncanakan menjadi penerbangan pertama yang bertolak dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES