Peristiwa - Nasional

Penulisan Kolom Agama E-KTP Akan Dibuat Dua Model

Penulisan Kolom Agama E-KTP Akan Dibuat Dua Model Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloah. (FOTO: sulawesion)
Selasa, 13 Februari 2018 - 15:49

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) akan membuat dua model penulisan kolom agama pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloah mengatakan, secara umum isi blanko E-KTP bagi penganut agama dan kepercayaan akan serupa. Perbedaan hanya terdapat di kolom keterangan keyakinan.

"Bagi yang beragama ditulis 'agama:' bagi yang berkepercayaan langsung ditulis 'kepercayaan: Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa'," papar Zudan di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Kata dia, format tersebut merupakan hasil masukan banyak pihak, seperti tokoh agama, bahkan pemerintah juga menyerap masukan Majelis Ulama Indonesia atau MUI. 

Meski begitu, Zudan menegaskan bahwa keputusan final terkait keberadaan kolom agama di E-KTP berada ditangan Presiden Joko Widodo. 

"Blangkonya nanti satu, penuangannya jadi dua model. Teman-teman penghayat yang sudah merekam data tidak perlu merekam ulang. Tinggal mengubah data, penyempurnaan, dan mengganti E-KTP," ungkapnya.

Disebutkan, penganut penghayat kepercayaan di Indonesia saat ini seluruhnya berjumlah 300 ribu orang. Data tersebut diperoleh Kemendagri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration