Minggu, 23 September 2018
Peristiwa - Daerah

Jelang Jalanidhi Puja Balekambang Sudah Dipadati Umat Hindu

Jelang Jalanidhi Puja Balekambang Sudah Dipadati Umat Hindu Upacara Jalanidhi Puja di Pantai Balekambang yang tahun lalu dipenuhi puluhan ribu umat Hindu. (FOTO: Istimewa)
Senin, 12 Maret 2018 - 21:15

TIMESINDONESIA, MALANG – Pantai Wisata Balekambang akan dipenuhi Umat Hindu pada hari Kamis, (14/3/2018) mendatang. Mereka akan melakukan upacara Jalanidhipuja.

Tahun lalu, lebih dari 10 ribu umat Hindu memenuhi kawasan wisata itu. Mereka setiap tahun menjalankan ritual pensucian diri itu menjelang peringatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940, di kawasan Pantai Balekambang, desa Srigonco, Kecamatan Bantur,  Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai Balekambang adalah Tanah Lot-nya Kabupaten Malang. Di sana ada sebuah pura Amarta Jati yang terletak di sebuah pulau kecil Ismoyo, namanya. 

Upacara-Balekambanmg.jpg

Pura inilah yang akan menjadi titik central upacara Melasti ini. Namun sepanjang pantai nantinya akan dipenuhi umat Hindu. "Meski upacara itu masih kurang tiga hari lagi, namun sebagian umat Hindu sudah mulai berdatangan di Balekambang. Terutama yang berasal dari daerah-daerah yang jauh. Hotel dan penginapan sudah penuh karena sebagian sudah dibooking sejak beberapa waktu lalu," ujar Direktur Utama PD Jasa Yasa, Fais Wildan kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Senin, (12/3/2018) siang. 

Sebagai Kepala Daerah, Bupati Malang Dr H Rendra Kresna juga dijadwalkan akan menghadiri upacara ini. Ia juga akan memberikan sambutannya selain dari tokoh-tokoh agama Hindu. 

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration