Senin, 26 Februari 2018
Ekonomi

Jokowi: Indonesia Negara Besar, Jangan Lagi Cari Bantuan

Jokowi: Indonesia Negara Besar, Jangan Lagi Cari Bantuan Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)
Senin, 12 Februari 2018 - 14:15

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyebut jika Indonesia saat ini sudah masuk kategori negara besar, sehingga perwakilan RI di luar negeri - terutama para duta besar, dilarang mencari-cari bantuan dari negara tempatnya bertugas.

"Yang perlu saya ingatkan, kita ini sudah masuk negara G20. Artinya kita ini sudah masuk golongan negara besar, jangan lagi ada yang merasa inferior, merasa kita ini rendah. Kita jangan lagi mencari-cari bantuan-bantuan," tegasnya dalam Rapat Kerja Kepala Perwakilan RI di luar negeri di Gedung Pancasila Kemenlu Jakarta, Senin (12/2/2018).

Menurut presiden, karena sudah masuk G20 maka seharusnya Indonesia sudah membantu negara-negara lain. Ia juga menegaskan Indonesia harusnya bangga dengan pertumbuhan ekonomi pada urutan ketiga atau keempat di antara negara-negara G20.

"Kalau kita masih merasa inferior juga, bagaimana kita mau gagah. Dalam summit, konferensi, saya selalu minta Bu Menlu, dubes, yang kita mau konferensi, nanti makan malam saya minta duduknya di sebelah tuan rumah. Kita ini negara besar jangan di pojok. Enggak mau saya," paparnya.

Menyebutkan jika di ASEAN hanya Indonesia yang masuk G20, presiden pun mengingatkan pentingnya diplomasi ekonomi dari perwakilan RI di luar negeri sehingga ekspor Indonesia tak lagi kalah dari negara tetangga.

"Kita harus serius menggarap pasar-pasar non-tradisional. Saya berikan contoh kemarin setelah kunjungan ke berbagai negara, terutama di negara Asia Selatan. Saya kaget juga bahwa masih banyak negara yang kita pandang sebelah mata padahal potensi ekonomi besar sekali," tutupnya. (*)

Pewarta : Ferry Agusta Satrio
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

Komentar

Registration