Senin, 26 Februari 2018
Kuliner

Bosan Makan Nasi Putih? Coba Ganti dengan Nasi Ungu

Bosan Makan Nasi Putih? Coba Ganti dengan Nasi Ungu ILUSTRASI. Beras ungu. (FOTO: dailypioneer.com)
Minggu, 11 Februari 2018 - 15:33

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebanyakan orang merasa belum kenyang jika belum makan nasi, padahal sudah makan roti, mi, atau kentang. Karena itu, nasi menjadi makanan pokok sehari-hari. Nah, supaya tidak bosan makan nasi terus, Anda bisa coba varian nasi yang cukup unik, yaitu nasi ungu yang berasal dari beras ungu.

Dilansir dari Hello Sehat, beras ungu adalah salah satu jenis beras yang seringnya tumbuh di negara-negara Asia. Beras ini akan berwarna semakin gelap setelah dimasak, mendekati warna hitam. Nasi ungu termasuk sumber karbohidrat dari jenis gandum utuh seperti nasi cokelat atau nasi merah.

Beras ungu tersedia dalam dua bentuk, bentuk benih yang panjang, dan tekstur biji yang lebih lengket. Kedua jenis ini bebas dari gluten. Itu artinya, orang dengan penyakit Celiac atau alergi gluten boleh mengonsumsi nasi jenis ini.

Nasi dari beras ungu mengandung kalori yang mirip dengan nasi lainnya. Namun, bedanya adalah nasi ungu kaya akan protein, antioksidan, dan serat.

Meski terlihat unik, cara memasak beras ungu sama seperti memasak beras lainnya. Anda bisa merebus selanjutnya dikukus, atau menggunakan rice cooker biasa setelah dicuci bersih dan ditambahkan air. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

Komentar

Registration