Kesehatan

Awas, Melakukan Hal Ini saat Hari Minggu Berbahaya untuk Kesehatan

Awas, Melakukan Hal Ini saat Hari Minggu Berbahaya untuk Kesehatan ILUSTRASI. Berlebihan bermain ponsel dapat membahayakan kesehatan. (FOTO: Hello Sehat)
Minggu, 11 Februari 2018 - 12:27

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari Minggu memang memberikan kesempatan bagi kita untuk lebih bersantai. Namun, bagi sebagian orang hari Minggu tidak ada bedanya dengan hari lainnya. Bahkan masih ada yang memikirkan pekerjaan di waktu yang seharusnya menjadi hari santai ini.

Selain hal tersebut, ada aktivitas lain yang seharusnya dihindari saat hari Minggu. Dilansir dari Dokter Seaht, berikut kegiatan yang sering dilakukan saat hari Minggu dan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan.

1. Tetap Menggunakan Ponsel dengan Berlebihan
Meskipun bisa sangat menghibur karena membuat kita bermain media sosial dan hal-hal lain, tetap memakai ponsel saat hari Minggu atau libur akhir pekan justru akan meningkatkan kadar stress tubuh. Apalagi jika yang kita baca juga bisa membuat pikiran kita menjadi semakin ruwet. Ada baiknya letakkan ponsel di hari Minggu dan sempatkan waktu lebih banyak bagi keluarga.

2. Berolahraga dengan Berlebihan
Berolahraga memang bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan. Namun, berolahraga dengan berlebihan dan akhir pekan karena ingin menurunkan berat badan dengan cepat justru akan berimbas buruk bagi kesehatan fisik.

3. Masih Tetap Memikirkan Pekerjaan
Seharusnya, di hari Minggu kita bisa benar-benar lepas dari pekerjaan sehingga bisa meredakan stress yang disebabkan oleh berbagai masalah di tempat kerja. Jika kita tetap berpikir tentang pekerjaan, maka tingkat stress dalam pikiran tetap tinggi yang justru bisa merusak produktifitas saat hari kerja nantinya.

4. Makan Sembarangan
Di hari Minggu, kita memang akan memiliki kesempatan untuk mencicipi berbagai makanan yang belum pernah kita coba. Sayangnya, hal ini bisa membuat kita mengkonsumsi makanan tidak sehat dan berlebihan. Jika kita sembarangan saat makan, maka risiko terkena obesitas meningkat dengan signifikan.

5. Tidur Larut Malam
Meskipun ada acara olahraga atau drama favorit yang dimulai di malam hari, pastikan untuk tidak tidur terlalu larut dan tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup demi kesehatan tubuh. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

Komentar

Registration