Senin, 26 Februari 2018
Peristiwa - Internasional

Meredith Corp Selesaikan Proses Akuisisi Time Inc

Meredith Corp Selesaikan Proses Akuisisi Time Inc Time Inc. (FOTO: Variety)
Jum'at, 09 Februari 2018 - 23:58

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perusahaan media asal Amerika Serikat Meredith Corp mengumumkan penyelesaian proses akuisisi perusahaan media Time Inc. yang dimulai sejak November 2017 lalu.

Dalam akuisisi tersebut, Meredith Corp membeli saham Time Inc senilai total USD 2,8 miliar. Akuisisi ini didukung dua miliarder bersaudara yakni Charles dan David Koch. Koch Equity Development, pemegang ekuitas swasta dari Koch Brothers, setuju untuk menawarkan Meredith US$ 650 juta saham preferen untuk mendanai akuisisi Time Inc.

Tepat pada 1 Februari 2018 lalu, Meredith Corp sudah mulai menjalankan operasional baru yang menggabungkan dua perusahaan media tersebut . 

Akuisisi tersebut menandai sebuah perjalanan hampir seabad, 94 tahun, Time Inc sebagai salah satu perusahaan media global yang mempunyai banyak jaringan media termasuk majalah Fortune, Time, People and Sports Illustrated ini.

Beberapa tahun terakhir, upaya Time Inc. untuk bertransformasi menjadi bisnis digital gagal. Utang Time Inc menumpuk, pendapatannya terus menurun. Sebelum diakuisisi, utang jangka panjangnya tercatat sebesar US$ 1,2 miliar.

Time Inc. sempat melakukan PHK 300 karyawannya untuk penghematan. Sirkulasi beberapa majalahnya juga dikurangi. Beberapa langkah penjualan asetnya di Inggris dan aset lainnya sudah dilakukan. Namun, langkah tersebut tak mampu menyelamatkan Time Inc.

Sementara Meredith Corp, proses akuisisi tersebut justru dianggap sebagai upaya puncaknya untuk mendiversifikasikan bisnisnya. 

Perusahaan asal Ohio ini punya stasiun televisi lokal dan beberapa majalah seperti Better Homes & Gardens, Martha Stewart Living and Family Circle. Dengan akusisi ini, beberapa majalah “legendaris” di Amerika seperti People dan InStyle akan jadi bagian penting dari bisnis Meredith Corp ke depan..

Chief Executive Meredith Corp. Steve Lacy, mengaku bahwa dia telah dua kali gagal mencapai kesepakatan dengan Time Inc., pada 2013 dan 2016 lalu. Baru kali ini  negosiasinya berhasil.

Seperti dilansir dari Reuters, penggabungan dua media besar ini akan menambah jumlah pembaca Meredith Corp. sebanyak 135 juta orang dan meningkatkan sirkulasi berbayarnya menjadi  60 juta.

Kesepakatan ini juga akan memperluas jangkauan Meredith Copr untuk meraih jumlah pembaca milenial sebanyak 170 juta pengunjung ke depan. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration