Peristiwa Nasional

Jokowi Janjikan Jumlah Dana Keluarga Penerima Manfaat PKH Naik

Kamis, 08 Maret 2018 - 15:14 | 37.73k
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja kerja Kabupaten Gresik, Jawa Timur, didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Kamis, (8/3/2018). (FOTO: Istimewa)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja kerja Kabupaten Gresik, Jawa Timur, didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Kamis, (8/3/2018). (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan, jumlah dana untuk keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) akan naik pada tahun depan. 

“Tapi saya pastikan untuk tahun depan akan naik,” ucapnya dalam kunjungan kerja kerja Kabupaten Gresik, Jawa Timur, didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Kamis, (8/3/2018). 

Untuk sekedar di ketahui, jumlah dana PKH yang diterima satu keluarga penerima manfaat untuk tahun ini sebesar Rp1.890.000, dengan pencairan tahap pertama sebesar Rp500.000.

Jokowi-a.jpg

Namun, Jokowi menegaskan, kenaikan jumlah dana PKH, tetap harus melalui persetujuan DPR RI. “Tapi itu tetap harus mendapatkan persetujuan dari DPR RI tentunya. Jadi saya sendiri tidak tahu, berapa jumlah kenaikannya,” ujarnya.

Sebelum memberikan pernyataan itu, Jokowi juga memberikan bantuan sosial berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP), PKH dan Bansos Pangan Rastra secara simboli berupa 20 kilogram beras. 

Bahkan, dalam pidatonya, Jokowi sempat melontarkan pertanyaan ke ibu-ibu yang hadir di GOR Tri Dharma, Gresik. “Saya ingin tanya, apakah Rp1.890.000 ini cukup ibu-ibu? Kalau ada yang bilang tidak cukup, silahkan maju ke sini,” ucapnya. 

Kartu-Program-Keluarga-Harapan-PHK-3.jpg

Jelas saja, pertanyaan dari Jokowi itu lantas disambut gemuruh ibu-ibu yang hadir di GOR Tri Dharma dengan seruan, “Cukup Pak.” sahut para ibu-ibu yang hadir. 

Ia juga berpesan ke ibu-ibu penerima PKH, supaya dana yang diberikan oleh pemerintah digunakan dengan sebaik-baiknya. Terutama, untuk keperluan pendidikan dan peningkatan gizi anak.

“Jadi kalau nanti suami minta untuk beli rokok, jangan diberi. Katakan saja kepada suami, tidak boleh buat beli rokok. Buat beli ikan, telur, boleh, demi gizi anak,” kata Jokowi yang datang didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Idrus Marham, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, serta beberapa pejabat.

Kartu-Program-Keluarga-Harapan-PHK-4.jpg

Selain itu, Jokowi juga memberikan Bansos Pangan Rastra, Jokowi juga memberikan bantuan tambahan berupa satu tas berisi sembako. Rinciannya, berisi beras lima kilogram, satu kilogram gula, satu liter minyak goreng, dan satu kotak teh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES