Senin, 26 Februari 2018
Peristiwa - Internasional

Cetak Generasi Kelas Dunia, Nusantara Foundation Bikin Ini di AS

Cetak Generasi Kelas Dunia, Nusantara Foundation Bikin Ini di AS Para peserta Global Leadership Program yang digagas Nusantara Foundation tiba di AS. (FOTO: Istimewa)
Jum'at, 09 Februari 2018 - 21:38

TIMESINDONESIA, NEWYORK – Organisasi non profit bentukan putra Indonesia, Nusantara Foundation, membuat program istimewa di Amerika Serikat.  Program ini dinamakan program kepemimpinan global (Global Leadership Program).

Presiden Nusantara Foundation H. Imam Shamsi Ali kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) mengatakan, program ini didasari ide dan pemikiran yang kuat terhadap globalisasi dunia. "Tidak disangkal lagi bahwa kita berada dalam dunia yang disebut dunia global. Sebuah tatanan dunia yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dunia global ini ditandai oleh banyak hal. Antara lain, keterbukaan dan kecepatan lalu lintas informasi yang semakin tidak terbendung," papar Imam yang saat ini sedang mempersiapkan pembangunan Pesantren Nusantara di Amerika Serikat ini.

Menurut Imam, kecepatan informasi ini menjadikan dunia semakin mengecil. Karenanya sesungguhnya hidup manusia ini berada dalam sebuah perkampungan kecil (small village). Atau sebagian menamainya global city (kota yang menyeluruh).

Global-Leadership-Program-2.jpg

"Nah, kehidupan bersama semua manusia dalam kampung kecil ini menjadikan manusia berada dalam suasana yang tidak terhindarkan," tandasnya.

Imam memandang, minimal ada dua hal di hadapan mata. Pertama, dunia yang saling tergantung atau interdependen. Yaitu dunia yang saling membutuhkan antara satu dengan lainnya.

Kedua, dunia yang sangat kompetitif. Yaitu dunia yang menawarkan persaingan terbuka yang dahsyat. Dengan kata lain, bangsa-bangsa dunia saat ini sedang berada dalam kompetisi yang ketat. 

"Kedua situasi dunia itu, interdependen atau kompetitif, menuntut kesiapan yang matang dari generasi kita. Sebab di hadapan mereka hanya dua kemungkinan; ikut mengambil bahagian atau harus bersabar menjadi korban-korban globalisasi yang melanda dunia saat ini," jelas Imam.

Global-Leadership-Program-39675c.jpg

Merespon tabiat dunia seperti itulah yang membuat Nusantara Foundation, mengambil inisiatif baru. "Sebuah inisiatif yang berani, menantang, tapi terukur. Yaitu Global Leadership Program ini," tandas Imam.

Saat ini, programa ini memasuki angkatan keempat (4th badge). Sejak awal memulai program, Nusantara Foundation telah melakukan kerjasama dengan sekolah Insan Cendekia Madani Serpong. 

"Setiap angkatan kita batasi hanya 12 orang. Hal ini mengingat keterbatasan fasilitas yang ada saat ini. Juga karena kita ingin agar pembinaan atau pelatihan ini bisa lebih fokus," ujar Imam. (*)

Pewarta : Abdul Lathif
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration