Otomotif

Kehadiran New Yaris Perkuat Segmen MPV

Sabtu, 24 Februari 2018 - 08:25 | 33.65k
New Yaris tampil lebih sporty dan menawan, saat peluncuran di Surabaya (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
New Yaris tampil lebih sporty dan menawan, saat peluncuran di Surabaya (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pasar otomotif bergeliat dengan peluncuran beberapa produk baru semester pertama ini. Salah satunya PT Toyota Astra Motor (TAM). Membuka awal tahun dengan meluncurkan New Yaris. Diklaim hadir dengan fitur safety semakin lengkap sehingga value faktor keselamatan mobil ini kian diperhitungkan.

Surabaya menjadi market yang cukup menarik lantaran ketertarikan akan mobil seperti ini sangat tinggi, hingga sempat menembus market share 50 persen pada 2015 lalu.

“Namun karena banyak segmen baru yang masuk, sehingga konsentrasi kita agak sedikit berkurang. Walaupun begitu Yaris masih mengakhiri 2017 dengan market share 36 persen,” terang Hendra Purnawan, selaku Operation Manager Wilayah Auto2000 Jawa Timur di acara media gathering, Kamis (22/2/2018).

Tren MPV dinilai Toyota akan terus bertengger di jajaran atas yang paling dicari. Meskipun muncul kompetitor menawarkan fitur segudang dengan harga terjangkau, tidak membuat pabrikan Jepang ini ketar - ketir. 

Menurut Hendra, saat membeli mobil customer memiliki pertimbangan mulai dari model, fitur dan harga. Tapi sebetulnya yang paling esensial bagi customer adalah durability, kemudahan perawatan serta kesediaan suku cadang dan nilai investasi.

“Selain mobilitas juga sebagai investasi karena memiliki harga jual kembali yang tinggi,” tambahnya.

Dengan diluncurkannya New Yaris menjadi momentum tepat di awal tahun bagi pencinta mobil Toyota terlaris di segmen hatchback ini.

Salah satu mobil terlaris di segmennya tersebut terlihat lebih futuristik dan dinamis. Lekukan desain yang memiliki sudut-sudut tajam berdetail lebih agresif. Mulai dari headlamp hingga ke lower grille. Hadir dalam 3 grade, yaitu TRD Sportivo, G, dan E masingmasing dengan transmisi otomatis (CVT) dan Manual 5-speed (MT), New Yaris menawarkan selling point yang semakin kuat. DNA Yaris memberikan excitement serta Fun to Drive kepada para konsumen. 

Kesan sporty terlihat dari tampilan depan yang mengalir dari front grille, menyatu dengan lampu utama hingga buritan. Lampu DRL (Daytime-Running Lights] menyatu apik dengan grille menjadikan tampilan semakin berkarakter, ditambah dengan black piano lower grille. Khusus pada New Yaris TRD Sportive, aura racing dan sporty diperkuat dengan red lining accent pada bumper spoiler dan sekaligus menjadi Special Signature pada grade teratas ini.

Tema desain floating roof pada New Yaris semakin menonjol dengan melakukan perubahan pada area pilar belakang. Untuk tipe TRD Sportive, dilengkapi TRD sticker dan TRD side skirt, juga menggunakan outer mirror berwarna hitam sehingga terlihat lebih menyatu dengan jendela. 

New Yaris menggunakan velg 16” alloy dengan two-tone machining agar selaras dengan desain eksterier secara keseluruhan. Semua grade New Yaris dilengkapi dengan shark fin antenna, agar lebih aerodinamis sekaligus untuk memperkuat aura stylish dan modern pada mobil New Yaris ini. 

Pada bagian belakang, desain lampu yang berlapis dan tipis dengan alur horizontal memberikan efek lebar pada tampilan New Yaris. Desainnya dibuat seolah menyatu dengan pintu belakang. Kesan sporty terlihat kian menonjol pada New Yaris TRD Sportive karena kini dilengkapi dengan rear-roof spoiler dan diffuser dengan desain bernuansa racing. 

Perubahan besar juga dilakukan pada bagian interior yang hadir dengan complete features, antara lain pada dashboard yang dirancang lebih menarik dan menciptakan kesan lebih lapang. Bagian tengah menonjol kedepan dengan desain lebih menantang seperti gelembang selancar (surf wave). Penggunaan warna silver pada beberapa ernamen interior menjadikan suasana kabin New Yaris terasa lebih modern, seperti pada konsel bagian depan, speaker, register knob, dan pengatur AC. 

Interior New Yaris didukung oleh Entertainment System yang terdiri dari HD Display, DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, Bluetooth (audio dan phone). Khusus untuk tipe G dan TRD Sportive, dilengkapi dengan iPod ready, miracast, weblink, internet connectivity serta multitasking window dan remote apps melalui smartphone. 

New Yaris mempertahankan mesin ZNR-FE yang memiliki power maksimum 107 ps dan torsi 14,3 kgm. Untuk Fun to Drive yang Iebih, pada New Yaris TRD Sportive, pengaturan berkendara dilengkapi pilihan SPORT / ECO Mode. Saat ingin berkendara secara efisien, pengendara dapat mengaktifkan eco mode. Sementara untuk mendapatkan sensasi sporty, dapat menggunakan sport mode. 

Bahkan untuk semakin menambah sensasi sporty, New Yaris TRD Sportive CVT dilengkapi dengan paddle shift yang dapat membantu pengemudi merasakan pergantian gigi bagai seorang pembalap. 

New Yaris menghadirkan Top Class Safety untuk menambah keamanan bagi seluruh penumpang melalui; 7 SRS Airbag, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Seatbelt Warning untuk pengemudi dan penumpang depan, Emergency Brake Signal (TRD Sportivo Grade), 3-point seatbelt for all passengers, Whiplash Injury Lessening, Anti-lock Breaking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES