Senin, 26 Februari 2018
Otomotif Liputan6.com

5 Mobil Tunggangan Menteri Sukarno hingga Jokowi

5 Mobil Tunggangan Menteri Sukarno hingga Jokowi Deretan mobil Toyota Crown Royal Saloon milik menteri di pelataran parkir halaman belakang Istana Negara, Jakarta. (FOTO: Rinaldo/ Liputan6.com)
Rabu, 31 Januari 2018 - 17:23

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjadi menteri di Indonesia dijamin akan dipenuhi beragam fasilitas. Salah satunya fasilitas kendaraan untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Karena terhitung pejabat negara, para menteri juga mendapat fasilitas mobil dinas yang bagus, meski tak eksklusif seperti sang presiden dan wapres.

Namun, bagus tidaknya fasilitas ini harus dilihat dari era pemerintahan saat sang menteri menjabat. Misalnya, mobil dinas menteri pada era sebelumnya belum tentu akan dilihat sebagai kendaraan mewah pada era sekarang.

Dodge-Dart.jpgDodge Dart (FOTO: Istimewa)

Lebih dari 70 tahun Indonesia merdeka, sudah banyak kendaraan yang digunakan untuk keperluan dinas aparatur negara, termasuk menteri. Beda presiden, berbeda pula seleranya memilih tunggangan buat sang menteri, termasuk pertimbangan anggaran yang tersedia tentunya.

Di era Presiden Sukarno, para menteri mendapatkan fasilitas mobil dinas buatan Amerika Serikat, bermerek Dodge Dart 63. Mobil dengan kapasitas 2.800 cc tersebut digunakan menteri, perdana menteri, dan wakil perdana menteri.

Dodge-Dart-2.jpgDodge Dart (FOTO: Istimewa)

Dart adalah mobil yang diproduksi divisi Dodge Chrysler Coorporation pada 1960-1976 di Amerika Utara. Nama Dart awalnya muncul pada pameran mobil tahun 1957 yang menampilkan tubuh mobil yang dirancang coach builder Italia, Carrozerie Ghia.

Awalnya, mobil tersebut diproduksi sebagai kendaraan murah. Barulah pada 1960, Dart dibuat lebih pendek dan berkembang di tahun 1963-1976 menjadi berukuran lebih kompak. Mobil-mobil tersebut di antaranya digunakan Menteri Negara dan Wakil Ketua II Comite Central PKI Nyoto.

Baca berita menarik lainnya di liputan6.com di sini

Pewarta : Rinaldo
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Liputan6

Komentar

Registration