Peristiwa Nasional

Presiden Minta Wapres untuk Tingkatkan Investasi dan Ekspor

Selasa, 06 Februari 2018 - 17:13 | 38.14k
Presiden RI, Joko Widodo. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Presiden RI, Joko Widodo. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo meminta Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mengatasi persoalan investasi dan ekpor di Indonesia. Salah satunya adalah dengan menyamakan persepsi di tingkat kementerian.

"Presiden minta saya untuk mengatasi itu. Semua kementerian untuk mempelajari itu. Saya kumpulkan di sini data itu, saya kasih datanya semua," kata Wapres Kalla usai kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kantor Wakil Presiden, di  Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Menurut Jusuf Kalla, pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi masalah yang ada. Untuk itu, Wapres telah mengumpulkan perwakilan pengusaha besar asing, para duta besar dan kamar dagang dan industri Indonesia (Kadin) guna menganalisa bersama persoalan yang dialami.

"Itu sudah dikemukakan masalah-masalahnya, nah itu yang kita perbaiki. Disamping itu kita bandingkan dengan apa yang dibuat oleh negara-negara sekitar, supaya kita berada di level yang sama," jelasnya.

Menyamakan tingkat ekonomi dengan negara di kawasan perlu dilakukan supaya dapat menjadi tolok ukur dalam memasarkan produk ke negara kawasan.

"Kalau level kita beda dengan negara di sana, misalnya mereka kasih kebebasan sekian persen, komponennya begini tetapi kita lebih tinggi, kan nanti orang akan memilih negara-negara itu. Jadi kita ingin 'benchmarking'-nya dalam negeri dan luar negeri," katanya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan kunjungan ke istana wakil presiden adalah untuk berbicara soal investasi, meningkatkan ekspor dan persiapan Asian Games. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES