Peristiwa - Daerah

1200 Bidang Lahan Segera Dibebaskan untuk Tol Paspro 4

1200 Bidang Lahan Segera Dibebaskan untuk Tol Paspro 4 ILUSTRASI - Tol Pandaan - Malang (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)
Minggu, 14 Januari 2018 - 18:08

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sedikitnya, 1200 bidang tanah dari Leces sampai Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, akan dibebaskan dalam waktu dekat. Di atas tanah tersebut, akan dibangun Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sesi 4. 

Lahan tersebut didominasi oleh lahan pertanian, dan hanya 1 persen yang berupa bangunan. "Minggu depan tahapannya sudah dimulai," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek Tol Paspro, Agus Winarmo.

Agus menyatakan, sesi ini akan memiliki panjang 12,7 kilometer. Start dari Desa Clarak, Kecamatan Leces, hingga simpan susun Gending. Agus tak menyebut lokasi persis simpang susun Gending ini.

Menurut Agus, sosialiasi pembangunan sesi 4 tol Paspro ini telah ditempelkan di kantor-kantor kecamatan yang akan dilalui. "Awal Maret nanti penetapan lokasi dan pembebasan lahan," terangnya.

PPK-Tol-Paspro-Agus-Winarmo.jpgPPK Tol Paspro, Agus Winarmo (FOTO: Iqbal/ TIMES-Indonesia)

Pembangunan sesi 4 tol Paspro ini, menjadi bagian dari pembangunan tol lintas Jawa yang direncanakan pemerintah hingga Banyuwangi di ujung timur Jawa.

Dan jika dihitung, akan ada lima simpang susun Tol Paspro di wilayah Probolinggo. Mulai simpang susun Tongas di ujung barat, simpang susun Probolinggo Barat (jalur ke Bromo), simpang susun Leces, simpang susun Gending, simpang susun Kraksaan, dan simpang susun Paiton di ujung timur. (*)

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration