Minggu, 19 Agustus 2018
Peristiwa

Warga Probolinggo Masih Khawatir akan Datang Banjir Bandang Susulan

Warga Probolinggo Masih Khawatir akan Datang Banjir Bandang Susulan Kondisi sungai di Desa/Kecamatan Tiris saat banjir bandang terjadi.(FOTO: Dicko W/TIMES Indoinesia)
Jum'at, 02 Februari 2018 - 19:04

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Hujan seharian yang mengguyur di Desa/Kemacatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menyebabkan banjir bandang hantam daerah aliran sungai (DAS) dan pemukiman warga, pada Kamis (2/20181) malam.

“Hujannya dari pagi hingga malam hari, banjir bandang datang dengan tiba-tiba sejak pukul 15:30 WIB di sungai Tiris. Di musim penghujan tahun ini, baru kali ini di sungai ini terjadi banjir bandang sebesar ini,” kata Slamet Husain, warga setempat Jumat (2/2/2018).

Ada empat Desa yang diterjang banjir bandang tersebut, yakni Desa Andung Biru, Andung Sari, Ranu Agung dan Desa Tiris. Tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini.

Hanya saja sejumlah kandang ternak ayam milik warga yang bermukim di pinggir sungai tersebut, terbawa arus air, karena tanah tergerus air.

“Air mulai surut sekitar pukul 22:30. Namun warga masih khawatir, ditakuti akan ada banjir bandang susulan yang lebih besar. Namun, warga sudah mengantisipasi. Untuk sementara pindah ke rumah warga lainnya atau saudaranya yang jauh dari sungai,” ungkap Soleha, yang juga salah satu warga setempat.

Kapolsek Tiris, AKP Ida Bagus Gede mengungkapkan, memanag sejak pagi hingga petang hujan mulai mengguyur di wilayah Kecamatan Tiris, hingga menyebabkan banjir bandang terjadi.

Karena dari hulu sungai terdapat banyak anak sungai, sehingga aliran anak sungai tersebut menjadi satu, yang menyebabkan debit air cukup deras.

“Kami belum bisa memastikan berapa kerugian materil. Namun, jika melihat dari fisiknya tidak banyak, hanya beberapa kandang ternak ayam yang terbawa roboh akibat tanah di dasar sungai tergerus air, sehingga kandang yang berada diatasnya sebagian roboh dan sebagian terbawa arus air,”pungkas Ida Bagus Gede.(*)

Jurnalis : Dicko W
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukma

Komentar

Registration