Selasa, 20 November 2018
Peristiwa - Nasional

Melalui Indonesialeaks, Masyarakat Bisa Lapor Kasus Korupsi Secara Anonim

Melalui Indonesialeaks, Masyarakat Bisa Lapor Kasus Korupsi Secara Anonim Direktur Eksekutif Indonesialeaks Nawawi Baharudin usai menemui Pimpinan KPK, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).
Jum'at, 02 Februari 2018 - 18:11

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masyarakat yang mengetahui adanya tindak pidana korupsi di lingkungannya sekarang tidak perlu takut untuk melapor melalui Platform Indonesialeaks.

Platform ini siap memberikan perlindungan anonimitas sang pelapor sehingga kerahasiaan identitasnya tatap terkunci rapat. 

"(Indonesialeaks) untuk memberikan peluang dan kesempatan bagi orang-orang yang memiliki informasi rahasia, tapi dia khawatir dengan keselamatan pribadi, maka dia boleh menyampaikan informasi rahasia itu melalui Indonesialeaks," ujar Direktur Eksekutif Indonesialeaks Nawawi Baharudin usai menemui Pimpinan KPK, Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Dia berkata, para informan yang memberikan data atau dokumen terkait tindak pidana korupsi akan diverifikasi untuk selanjutnya dilakukan investigasi. Sehingga data tersebut diharapkan dapat menjadi bukti awal penegakan hukum.

"Informasi rahasia ini nanti dibentuk dalam berita investigasi yang kita harapkan produk jurnalime itu bisa mempengaruhi kebijakan hukum," bebernya. 

Nawawi mengungkapkan, keikutsertaan publik dalam memberantas korupsi diapresiasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua komisi anti riswah Agus Rahardjo sambung dia menegaskan, pemeberantasan korupsi tidak hanya menjadi tugas KPK, tetapi merupakan tugas bersama. 

"Masyarakat dalam hal ini Indonesialeaks perlu membangun inesiatif-inesiatif agar masyarakat mulai sadar bahwa korupsi itu perbuatan melanggar hukum, punya dampak yang luas bagi masyarakat," kata dia. 

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukma

Komentar

Registration