Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Parawisata

Lari Trail, Taklukkan Gunung Buthak

Lari Trail, Taklukkan Gunung Buthak FOTO: Tim AJP TIMES Indonesia
Minggu, 14 Januari 2018 - 14:49

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komunitas lari Running Goal Oriented (RGO) di Kota Malang, menggelar lari mendaki gunung Buthak, Minggu (7/1/2018).

Ada 12 orang anggota RGO turut dalam lari mendaki gunung setinggi 2868 mdpl itu. Termasuk Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Nurul Yakin, MA.

Obsesi mereka untuk dapat mencapai puncak Gn. Bhutak dengan sukses ditunjukkan melalui kesiapan mental, fisik dan perlengkapan yang dibawa. 

Ya mereka semua memang bukan pelari pemula. Seluruhnya merupakan pelari yang cukup berpengalaman dan telah menjalani serangkaian latihan fisik utk menghadapi medan lari lintas alam (Trail Run). 

Disamping itu, perlengkapan yg dibawa pun tergolong cukup lengkap, antara lain headlamp, tas air, jaket, sarung tangan, jas hujan, Alat P3K, trekking pole, makanan dan air minum secukupnya.

Interaksi Dandim dengan komunitas olahraga lari di Malang telah menjadikan ia sangat akrab dengan para pelari dan komunitas lari di Malang. Apalagi pada saat awal menjabat sebagai Dandim, ia menginisiasi pembentukan wadah KOLAMARA yang menyatukan seluruh komunitas lari yg ada di Malang Raya. 

Ia pun tidak pernah sungkan ataupun merasa gengsi utk bergabung dgn rekan-rekan komunitas pelari. "Tolong jangan dilihat pangkat dan  jabatan. Kehadiran saya murni utk ikut berlari. Saya sejak dulu memang senang berlari dan saya bersyukur apabila kehadiran saya ini dapat membawa manfaat serta memberi motivasi bagi kawan-kawan pelari yg lain", kata Dandim. 

Selain kehadiran Dandim, yang menarik dalam tim juga dgn keberadaan pasangan suami istri Ayong dan Christin yg keduanya sama-sama tergila-gila dengan olahraga lari. Kecintaan mereka terhadap lari telah mengantarkan keduanya mengikuti berbagai event lari baik marathon maupun Trail Run di penjuru negeri. 

GUNUNG-BOTHAK1.jpg

Tidak hanya berlari, pasangan ini juga gemar mengabadikan pose romantis ditempat-tempat indah yg mereka jumpai selama perjalanan. Seluruh tim yang lain juga telah sarat akan pengalaman berlari baik dalam maupun luar negeri. Seluruhnya memiliki kualifikasi dan kelebihan masing-masing serta semangat untuk saling mendukung sehingga perjalanan menjadi terasa ringan. 

Diantara para anggota tim yang berpengalaman tersebut adalah Farizto dan Mikha yang bahkan baru saja menuntaskan event lari trail bergengsi di Malaysia.

Dari semuanya, tidak ketinggalan arti penting kehadiran Coach Juan sbg route leader kawakan yg telah menggeluti kawasan dan puncak-puncak pegunungan di Malang Raya selama bertahun-tahun. Kehadirannya sangat membantu tim dalam menentukan arah tujuan perjalanan di dalam cuaca malam yang gelap maupun pada saat siang hari dikala menemukan simpang jalan yang berpotensi menyesatkan.

Perjalanan menuju puncak Bhutak ditempuh selama kurang lebih 5 jam. Pada saat sampai di puncak tim berkesempatan menyaksikan indahnya matahari terbit. Karena tingginya, orang anyg berada di puncak Gn. Bhutak dapat melihat awan-awan yang berada diketinggian dibawah puncak gunung. Inilah yg menjadikan Bhutak seolah menjadi suatu "Negeri di Atas Awan". 

Sungguh suatu pengalaman yg sangat indah bisa menjejakkan kaki diatas puncak Gunung Bhutak. Letih dan lelah langsung terbayar seketika manakala menyaksikan gumpalan awan putih berarak di bawah kaki. Captain RGO Lusiana Susanti dalam kesempatan terpisah Kegiatan ini akan terus berlanjut bagi Tim Trail Run RGO sebagai ajang latihan dalam menyiapkan event-event lari trail kedepan.(*)

Jurnalis : Andri S (CR-077)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukma

Komentar

Registration