Selasa, 13 November 2018
Politik

Jelang Penetapan, Ini Peringatan Panwaslu pada Paslon

Jelang Penetapan, Ini Peringatan Panwaslu pada Paslon Calon Wali kota dan Wakil Wali Kota Malang (DESAIN: Opic/TIMES Indonesia)
Jum'at, 02 Februari 2018 - 16:22

TIMESINDONESIA, MALANG – Panwaslu Kota Malang memperingatkan semua bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk menurunkan pemasangan papan peraga kampanye pengenalan bagi yang telah tersebar di berbagai titik kota. 

Ketua Panwaslu Kota Malang, Alim Mustofa menyampaikan, semua alat peraga yang telah dipasang bakal calon wajib diturunkan selambatnya pada 11 Februari mendatang. 

"Tanggal 12 Februari 2018, akan ada penetapan oleh KPU. Jika tidak dilepas, maka akan terkena sanksinya,” kata Alim.

Ia menjelaskan setiap calon dipastikan akan diberikan kesempatan untuk memasang alat peraga kampanye. Pemasangan alat peraga itu pun, akan disesuaikan dengan kebutuhan.

"Waktunya tanggal 15 Februari nanti. Jadi sebelum itu, maksimal tanggal 11 Februari semua alat peraga harus diturunkan,” tambahnya.

Alim menyebutkan, saat ini pemasangan alat peraga sebelum dilakukan penetapan, tidaklah melanggar aturan. Pasalnya, pemasangan alat peraga seperti banner yang tersebar di berbagai titik dengan gambar para bakal calon merupakan kewenangan dari pemerintah daerah.

"Itu semacam iklan, tapi jika sudah ditetapkan wajib dilepas. Karena nanti akan ada nomor dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Alim juga menerangkan bahwa penggunaan alat peraga kampanye nanti akan difasilitasi oleh KPU Kota Malang. KPU Kota Malang juga memberikan biaya hingga mengatur titik yang diperbolehkannya pemasangan alat peraga. 

"Para pasangan juga diperbolehkan menambah atau menggandakan jumlah alat peraga kampanye, namun harus sesuai ketentuan yang telah ditetapkan," ungkapnya. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration