Peristiwa Daerah

Begini Cara Bupati Lamongan Kampanye Lingkungan Hidup

Jumat, 02 Februari 2018 - 11:44 | 46.14k
Bupati Lamongan Fadeli bersama sejumlah Kepala OPD, memantau penataan lingkungan dengan bersepeda, Jum’at (2/2/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Bupati Lamongan Fadeli bersama sejumlah Kepala OPD, memantau penataan lingkungan dengan bersepeda, Jum’at (2/2/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Bupati Lamongan Fadeli punya cara tersendiri dalam mengawal langsung sejumlah program penting yang bermanfaat langsung bagi masyarakat.

Caranya, dengan mengajak sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk bersepeda berkeliling kota. Dengan mengayuh sepeda, Fadeli bisa mengetahui secara detail kekurangan yang ada.

“Saya suka seperti ini, bisa ngobrol langsung dengan warga, dalam suasana santai,” ujar Fadeli, Jum’at (2/2/2018).

Bersama sejumlah Kepala OPD, Ia melihat-lihat realisasi dari bidang lingkungan hidup dengan memantau langsung penataan lingkungan. “Dengan begini, masyarakat juga termotivasi untuk turut peduli dengan lingkungannya,” ucapnya.

Tanam-Pohon.jpg

Fadeli juga mencontohkan tentang pemanfaatan tanaman merambat di pergola. Selain indah, juga bisa memberikan keteduhan lingkungan. Menurutnya, pergola ini bisa ditanami berbagai tanaman merambat, termasuk, anggur, markisa atau berbagai jenis bunga seperti air mata pengantin, alamanda dan melati kosta.

“Lingkungan yang hijau, teduh dan nyaman tentunya akan memberi energi positif bagi siapa saja yang tinggal di sana,” ucap Fadeli.

Ia juga menekankan, masyarakat senantiasa peduli lingkungan, meski Lamongan sudah sepuluh kali meraih Adipura. “Penghargaan itu hanya tujuan antara. Terpenting adalah menanamkan budaya peduli lingkungan hidup pada masyarakat,” tutur Fadeli.

Untuk diketahui, di bidang lingkungan hidup, Kabupaten Lamongan tercatat sudah 10 kali meraih Adipura. Itu termasuk 2 Adipura Kencana dan 1 Adipura Kirana.

Fadeli.jpg

Di sisi lain, Kabag Humas dan Protokol Agus Hendrawan, menjelaskan, program "Lamongan Green and Clean" (LGC) akan selalu menjadi andalan untuk membudayakan kepedulian lingkungan hidup pada masyarakat. Untuk tahun ini, LGC diharapkan bisa membuat masyarakat Lamongan Menabung Air.

“Pengelolaan sampah dan penghijauan tetap menjadi titik tekan LGC. Namun tahun ini masyarakat juga diarahkan untuk terbiasa melakukan konservasi air tanah. Salah satunya dengan memperbanyak penampungan air dan sumur resapan,” kata Agus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES