Kamis, 22 Februari 2018
Politik Pilgub Jatim 2018

Pilgub Jatim 2018, Menyoal Hubungan Megawati dan Gus Ipul

Pilgub Jatim 2018, Menyoal Hubungan Megawati dan Gus Ipul Megawati Soekarnoputri. (FOTO: TIMES Indonesia)
Sabtu, 13 Januari 2018 - 22:39

FOKUS BERITA

Gus Ipul Vs Khofifah

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak khalayak yang belum paham soal mengapa Megawati memilih Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018.

Pengamat politik Universitas Airlangga, Haryadi sedikit membuka tirai sejauh apa hubungan antara Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Syaifulah Yusuf (Gus Ipul).

"Bagi orang lain yang tak paham hubungan sejarah Gus Ipul dengan Mega, pasti awalnya tak percaya kalau Gus Ipul akan mampu dapat rekom sebagai Calon Gubernur Jatim dari PDI Perjuangan," katanya di Surabaya, Sabtu, (13/1/2018).

Bahkan, tambahnya, Gubernur Jatim dari partai Demokrat, Soekarwo pun tak pernah percaya kalau Gus Ipul akan bisa mendapat rekom dari PDI Perjuangan. Dan upaya Soekarwo untuk menarik Gus Ipul merapat ke Demokrat pun selalu gagal

"Tak banyak tahu bahwa Gus Ipul adalah anak angkat Bu Mega yang dititipkan secara khusus (ke PDIP.red) oleh Gus Dur," katanya.

Menurut Hariyadi, perjuangan keras Gus Ipul (bersama KH Agil Siradj) agar pemerintah segera menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila juga menjadi catatan khusus Megawati.

Gus Ipul telah melakukan proses yang cukup panjang baik dari sisi telaah ilmiah sampai upaya komunikasi politik dengan pemerintah untuk meyakinkan bahwa hari lahir Pancasila adalah saat pertama kali Bung Karno mengatakan kata Pancasila pada 1 Juni 1945.

"Proses inilah yang menyambungbatinkan kembali antara Gus Ipul dengan Bu Mega," katanya. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Antara News

Komentar

Registration