Kesehatan

Benarkah Sering Belanja Bikin Sehat?

Benarkah Sering Belanja Bikin Sehat? ILUSTRASI. Sering berbelanja bisa membuat tubuh lebih sehat. (FOTO: popsgar.com)
Sabtu, 13 Januari 2018 - 03:36

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Belanja terlalu sering memang tidak baik bagi dompet Anda. Tapi, tahukah Anda sering berbelanja bisa membuat Anda lebih sehat. Bagaimana bisa?

Tanpa disadari, berbelanja juga dapat menjadi aktivitas fisik. Seperti dilansir dari Klik Dokter, pada saat berbelanja, Anda akan menghabiskan waktu dengan berjalan kaki. Apalagi wanita, yang dapat menghabiskan waktu hingga beberapa jam. Bahkan mereka dapat berjalan dari ujung ke ujung demi mencari barang yang diinginkan.

Meski tampak sederhana, berjalan kaki adalah salah satu olahraga yang terbukti memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya dapat meningkatkan kesehatan tulang, jantung, sirkulasi darah, serta mencegah beberapa penyakit seperti obesitas.

Berjalan kaki santai selama setengah jam saja dapat membakar hingga 100 kalori. Sebuah survei di Inggris menemukan bahwa seorang wanita bisa berjalan sekitar 4,8 km selama dua setengah jam belanja setiap minggunya. Sedangkan, pria berjalan 2,4 km selama 50 menit dalam seminggu.

Selain itu, kegiatan belanja juga bisa membantu mengurangi kesedihan. Menurut para profesor di University of Michigan, berbelanja dapat mengembalikan kontrol atas situasi seseorang sehingga berpengaruh terhadap suasana hati.

Belanja tanpa disadari bisa menyamai olahraga jalan kaki. Asalkan kegiatan belanjanya dilakukan secara langsung, bukan belanja online. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

Komentar

Registration