Minggu, 19 Agustus 2018
Pendidikan

Universitas Jember Bantu PTPN XII Melalui Penelitian

Universitas Jember Bantu PTPN XII Melalui Penelitian ILUSTRASI: Perkebunan Teh. (Foto: Tempo)
Kamis, 01 Februari 2018 - 10:46

TIMESINDONESIA, JEMBER – Universitas Jember melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) mulai melibatkan diri untuk membantu PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII menuntaskan berbagai persoalan yang selama ini dihadapi oleh perusahaan plat merah tersebut. Rintisan ini dimulai dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan para peneliti dari berbagai disiplin di Kampus Tegalboto, dengan jajaran manajemen PTPN XII.

Achmad Subagio, Ketua LP2M Universitas Jember mengatakan bahwa FGD yang dilaksanakan beberapa waktu lalu tersebut  akan mengubah paradigma penelitian yang sebelumnya berorientasi kepada peneliti, menjadi penelitian yang berorientasi pada pasar atau kondisi lapangan.

Menurutnya, selama ini masih ada peneliti yang melaksanakan penelitian berdasarkan kebutuhannya. Sehingga hasil penelitiannya seringkali tidak bisa diaplikasikan di lapangan.

"Akhirnya kampus menjadi menara gading,” kata Subagio dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Kamis (1/2/2018).

Sementara itu, dipilihnya PTPN XII sebagai mitra karena PTPN XII dianggap memiliki kedekatan sejarah dengan Universitas Jember. Banyak alumni Kampus Tegalboto yang berkiprah di PTPN XII. Sebaliknya, sudah banyak dosen dan mahasiswa Universitas Jember yang melakukan penelitian di berbagai kebun yang dikelola PTPN XII.

Jurnalis : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration