Peristiwa - Daerah

SAKIP Bondowoso Melesat Jadi BB

SAKIP Bondowoso Melesat Jadi BB Men PAN RB, Asman Abnur, saat menyerahkan penghargaan kepada Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, di Nusa Dua Bali. (FOTO: Istimewa)
Kamis, 01 Februari 2018 - 09:12

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Bondowoso melesat dan meraih nilai BB.

"Bahkan kita ‘nyaris’ meraih nilai A. Menurut tim Kemenpan RB, daerah lain tidak ada lompatan seperti ini selain Bondowoso," tutur Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, Kamis (1/2/2018).

Ia menjelaskan untuk meraih predikat BB, semua organisasi pemerintah daerah (OPD) di Kabupaten Bondowoso tidak boleh lagi berorientasi pada proyek, melainkan harus memikirkan bagaimana hasil dan manfaat yang bisa dirasakan masyarakat. Praktis setelah itu, program Pemkab Bondowoso semakin fokus dan terarah serta hasilnya lebih efektif dan efisien.

"Saya terus motivasi seluruh jajaran pemkab Bondowoso agar terus berbenah, mulai dari sistem perencanaan pembangunan, penganggaran, monitoring dan pelaporannya," katanya. 

Amin mengatakan diujung masa jabatannya, ia ingin mewariskan tata kelola pemerintahan yang baik. Selain itu, ia juga fokus mendongkrak nilai lokal agar lebih berdaya dan bisa bersaing serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Khususnya produk dari pertanian dan pariwisata. 
"Ini kita lakukan secara terpadu, lintas OPD secara cross cutting," imbuhnya.

Bondowoso menjadi satu-satunya Kabupaten diwilayah eks Karasidenan Besuki yang memperoleh predikat BB. Penghargaan untuk Bondowoso diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB, Asman Abnur, kepada Amin pada Rabu (31/1/2018) kemarin di Bali.

Selain Bondowoso, ada beberapa Kabupaten/kota lain di Jawa Timur yang memperoleh nilai BB, diantaranya Kabupaten Gresik, Malang, Lamongan, Ngawi, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, KabTulungagung, Kota Blitar, dan Kota Malang.(*)

Jurnalis : Aminatus Sofya
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration